Mengirimkan 5 Pasang Rusa dari Istana Bogor ke Malang

Saya ingin menanggapi komentar dari mas Murgunandi, hanya saja karena waktu saya menulis di kolom komentar ternyata jawaban saya terlalu panjang, sehingga saya memutuskan untuk menuliskannya pada sebuah artikel. Sebelumnya mungkin saya ceritakan sedikit, yaitu mas Murgunandi ini akan mengirimkan lima pasang rusa dari Istana Bogor dengan tujuan ke Malang.

Hal pertama yang ingin saya sampaikan kepada mas Murgunandi, yaitu jika memang memutuskan untuk menggunakan jasa angkutan kereta api dari Herona Express, seperti yang saya tuliskan sebelumnya, maka dari pihak Herona siap untuk mengirimkannya, tetapi dengan catatan bahwa hewan yang akan dikirimkan tersebut bisa dimasukkan ke dalam kandang, dan dikirimkan bersama dengan kandangnya tersebut.

Untuk estimasi biaya per ekor yang saya dapatkan, yaitu Rp 350.000 untuk per-ekor kambing, jika memang ukuran dari rusa-rusa ini lebih besar dari kambing, maka kemungkinan biayanya bisa mencapai Rp 500.000/ekornya, jika memang ukurannya lebih besar lagi maka bisa jadi harganya juga akan lebih mahal.

Biasanya harga ini akan ditentukan saat barang sudah sampai di lokasi. Jadi saya sendiri tidak dapat melakukan estimasi, karena biasanya yang melakukan estimasi harga tersebut adalah dari pihak pegawainya sendiri. Bahkan karyawannya jika tidak melihat barangnya langsung, maka mereka juga tidak dapat melakukan estimasi.

Jadi jika anda menggunakan jasa kereta api, maka total biaya paling murah adalah Rp 3.500.000. Karena anda juga masih harus menyiapkan biaya untuk kandang masing-masing rusa, selain itu juga perlu biaya untuk transportasi dari istana Bogor ke stasiun (saya tidak tahu apakah ada kereta api yang langsung ke Bogor dari Malang, ataukah harus melewati Jakarta dulu) jadi itu juga perlu dipertimbangkan. Selain itu setelah sampai ke Malang, mas juga masih harus menyiapkan transportasi dari Stasiun Kota Baru ke lokasi yang ingin anda tuju.

Untuk perkiraan biaya transportasi dari dan ke stasiun, jika dibuat estimasi sebesar Rp 1.500.000 untuk sekali jalan maka totalnya Rp 3.000.000, dan ditambah biaya kereta api, maka sudah Rp 6.500.000. Ini adalah biaya yang paling murahnya, karena masih harus ditambah dengan biaya untuk menyiapkan kandang dan pakan rusa.

Jika memang biaya pengiriman dengan menggunakan kereta api sudah menghabiskan biaya sebesar itu, saran saya, yaitu agar mas Murgunandi mempertimbankan untuk menggunakan truk. Jika menggunakan truk maka rusa tersebut tidak perlu di buatkan kandang, karena bisa dikirim seperti mengirimkan sapi, yaitu langsung saja dinaikkan ke atas truk, baru di atas truk rusa tersebut diikat.

Jika menggunakan truk maka estimasi biayanya ada yang mulai dari Rp 3.300.000, Rp 4.900.000, sampai Rp 8.500.000, atau tergantung dari ukuran truk yang akan dipilih. Ini adalah harga dari perusahaan transportasi, tetapi jika mas menggunakan truk sayur yang biasa mengirimkan barang ke Jakarta, mungkin harganya bisa dinego lagi. Karena biasanya truk sayur dari Malang, jika tidak mendapat muatan dari Jakarta, maka truk tersebut akan pulang ke Malang dengan keadaan kosong

Lagi pula jika sudah menggunakan truk sewaan, maka mas tidak perlu susah-susah lagi mengurusi transportasi dari dan-ke stasiun. Karena sekali jalan maka rusa tersebut akan sampai di tempat tujuan. Dari segi pengerjaan, jika menggunakan truk, maka pengiriman ini bisa jauh lebih mudah. Mungkin tambahan yang perlu disiapkan yaitu seperti pakan rusanya saja.

Tinggalkan Balasan