Alasan Ikan Hias yang Baru Dibeli Mudah Mati

Apakah anda seorang pecinta ikan hias, tetapi apakah anda juga sering mengalami bahwa ikan hias yang baru saja anda beli dari pasar ikan, atau toko ikan hias mengalami kematian. Terkadang bahkan kematian dari ikan-ikan tersebut terjadi secara beruntun, bahkan tidak jarang sampai semua ikan hias yang baru kita beli tersebut bisa mengalai mati.

Dahulu saya lebih suka untuk menyalahkan penjual ikannya, atas kematian ikan hias yang sudah saya beli tersebut, saya beranggapan bahwa penjualnya, menjual ikan yang kondisinya tidak sehat, atau ikan yang sudah sekarat. Tetapi yang saya tidak mengerti, adalah bagaimana ikan yang tampak sehat dan dapat berenang dengan gesit kesana-kemari, lalu bisa menjadi sangat lemah saat sampai di rumah, dan kemudian mati satu-persatu.

Sebenarnya yang terjadi pada ikan hias tersebut, pada saat berada di pasar ikan ataupun toko ikan hias, ikan-ikan tersebut akan hidup pada aquarium yang diberi aerator dan berbagai fasilitas pendukung yang memadai, bahkan jika aquarium untuk mendisplay ikan tersebut berada di dalam ruangan, maka para penjual tersebut akan memasang lampu penerangan biasa sampai lampu ultraviolet.

Jika ikan hias diberi aerator pada tempat tinggalnya, maka ikan sudah terbiasa dengan kandungan oksigen yang baik. Dan juga dengan mendisplay aquarium di luar ruangan, maka ikan juga mendapatkan sinar matahari dan panasnya, lagi pula jika ikan didisplay di dalam ruangan maka ikan diberi lampu di atas aquariumnya, sehingga ikan tetap mendapatkan kehangatan meskipun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Pada kondisi dengan perlakuan seperti ini, maka ikan akan berada pada kondisi puncaknya, yang menjadi masalah adalah kondisi yang diatur untuk memanjakan ikan seperti ini, kadang juga dapat membuat ikan mengalami ketergantungan. Sehingga saat kita membawanya pulang ke rumah, dan kita tidak dapat menyiapkan kondisi ikan seperti yang ada di toko ikan tersebut, maka ikan yang baru saja kita beli akan mengalami kematian.

Belum lagi packing pada plastik pembawa ikan hias tersebut, terkadang juga tidak diberi oksigen, sehingga ikan bisa saja menjadi mudah stress selama perjalanan, jika ditambah dengan perjalanan yang panjang, dan guncangan selama perjalanan, apalagi jika ditambah dengan cuaca yang sangat panas.

Dengan semua akumulasi keadaan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa kondisi ikan yang baru saja kita beli tersebut akan menurun, dan bukan tidak mungkin kondisi perjalanan ikan dari pasar ikan ke rumah kita, juga akan menjadi pencetus ikan hias kita mudah mengalami kematian saat sudah sampai di rumah.

Seperti yang saya katakan di atas, bahwa ikan dengan kondisi yang dimanjakan seperti itu, akan lebih rentan kondisinya. Jadi misalkan, kita juga menyiapkan aerator dan lampu pada aquarium kita di rumah, tetapi pada saat terjadi pemadaman listrik, maka kemungkinan ikan yang ada di dalam aquarium akan segera mengalami kematian.

Kematian ikan hias di dalam aquarium seperti ini dapat terjadi karena, aerator dan lampu di atas aquarium sudah seperti alat penyangga kehidupan, ikan hias yang ada di dalamnya. Sehingga saat alat penyangga kehidupan tersebut sudah tidak berfungsi, maka ikan akan segera mati.

Saya memiliki beberapa cara agar ikan hias yang baru saja kita beli di pasar ikan atau toko ikan, agar tidak mudah mati saat kita pelihara di rumah. Hanya saja, hal ini akan saya bahas pada artikel yang berikutnya.

Tinggalkan Balasan