Cara Menyemai Bibit Pohon Sengon

Biji tanaman sengon dapat dibeli secara kiloan seperti halnya bibit tanaman yang lain. Jadi, saat anda membelinya, biji sengon sudah dalam kondisi kering dalam plastik kemasan. Untuk berat per kemasan beserta harganya saya masih belum mendapatkan informasi lebih lanjut, karena memang masih belum ada penawaran dari produsen.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan benih sengon dalam wadah seperti ember plastik, untuk ukuran wadahnya sesuaikan saja dengan jumlah bibit yang akan akan semai.

Setelah itu cuci bersih benih sengon dengan menggunakan air bersih, pada saat proses pencucian berlangsung, maka jika ada benih yang terapung, anda harus sigap untuk menangkap dan membuangnya. Hal ini dikarenakan benih yang terapung di permukaan air ini, merupakan benih yang kualitasnya jelek.

Setelah pencucian terakhir, maka rendam benih sengon dengan air bersih, tetapi airnya tidak perlu terlalu penuh. Karena setelah itu benih sengon perlu disiram dengan air mendidih, sehingga kondisi air rendaman nantinya menjadi hangat. Tetapi, usahakan agar benih tidak sampai menjadi terebus dengan air panas tadi, buat saja menjadi hangat itu sudah cukup.

Lalu biarkan benih dalam kondisi terendam air hangat seperti itu selama 12 jam. Lalu setelah itu, ganti airnya dengan menggunakan air biasa. Biarkan kembali benih dalam kondisi tersebut selama 12 jam yang kedua.

Buang air hasil rendaman, dan cuci kembali benih berkali-kali dengan air bersih sampai kondisi benih menjadi benar-benar bersih.

Setelah proses pencucian selesai, maka letakkan benih tersebut pada sebuah kain, untuk diperam. Jadi, benih yang sudah diletakkan dalam kain, akan diikat erat dan diletakkan pada wadah terbuka selama 24 jam penuh. Setelah 24 jam tersebut telah lewat, maka benih akan mulai berkecambah.

Langkah berikutnya yaitu menyiapkan media tanam, untuk ukuran polybag yang disiapkan, tidak perlu yang terlalu besar, dan tanah yang digunakan bisa menggunakan tanah biasa ataupun tanah yang sudah dicampur pupuk organik terlebih dahulu. Untuk jumlah polybag yang disiapkan, sebaiknya mendekati jumlah benih yang sudah disiapkan sebelumnya tersebut.

Buat saja lubang sedalam 1 – 1,5 cm, lalu masukkan benih kecambah sengon tadi ke dalam lubang di polybag tadi. Satu buah benih untuk satu polybag. Untuk menutup lubang di polybag yang sudah diisi benih sengon, maka anda bisa menggunakan cocopeat, atau bahan lain yang ringan.

Sisanya anda tinggal melakukan penyiraman secara rutin setiap hari, sampai bibit sengon dapat dijual

Tinggalkan Balasan