Pemberian Pakan Lele dengan Kotoran Hewan

Proses pemberian pakan lele yang berasal dari kotoran hewan, biasanya dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dapat diberikan secara langsung kepada ikan, tetapi ada juga cara lain, yaitu dengan mengolahnya terlebih dahulu baru diberikan kepada ikan. Dengan memberikan lele pakan yang berasal dari kotoran hewan, maka dapat menurunkan pengeluaran peternak untuk membeli pakan pabrikan.

Untuk di dekat rumah saya ada peternak ikan lele yang biasanya secara langsung memberikan kotoran hewan peliharaannya kepada lele yang dia pelihara, biasanya kotoran yang diberikan berasal dari kotoran ayam dan burung. Tetapi menurut beberapa peternak lain yang saya temui, mereka mengatakan bahwa dengan memberikan kotoran segar sebagai pakan lele, maka akan ada beberapa efek buruk bagi lele yang dipelihara.

Kemungkinan akan terjadi efek buruk, karena kotoran yang masih baru dikeluarkan, masih bersifat panas, dan juga proses dari pembusukan kotoran tersebut masih aktif berlangsung, sehingga jika langsung dikonsumsi oleh lele, akan memberikan efek yang panas pada perut dan pencernaan ikan lele. Akibat terburuk yang bisa ditimbulkan adalah kematian dari ikan lele tersebut.

Tetapi saya dengar bahwa saat ini sudah ada produk tambahan untuk campuran pakan hewan ternak, yang dapat membuat kondisi kotoran yang baru saja dikeluarkan tidak memiliki sifat panas, sehingga saat diberikan langsung kepada lele tidak terjadi masalah. Hanya saja saya lupa untuk merk dari produk tersebut, maklum karena saya tidak pernah berfikir untuk memberikan pakan kotoran secara langsung, pada calon makanan saya.

Pemberian pakan kotoran secara langsung tersebut saya dengar tidak hanya berasal kotoran ayam dan burung saja, tetapi juga dari kotoran sapi dan kambing. Tetapi efeknya juga akan sama seperti kotoran ayam dan burung jika diberikan secara langsung ke lele, maka dari itu pakan dari sapi dan kambing tersebut juga perlu diberi tambahan obat agar kotorannya dapat secara langsung diberikan kepada lele sebagai pakan.

Sebenarnya untuk cara yang paling aman adalah dengan memanfaatkan kotoran kambing dan sapi yang berasal dari proses biogas. Karena kotoran yang sudah diambil gasnya akan lebih aman bagi pencernaan lele, lagipula kotoran tersebut sudah sangat banyak sekali mengandung fitoplankton dan zooplankton sehingga jauh lebih bergizi, yang jelas meskipun bentuknya mirip dengan kotoran hewan, tetapi secara struktur kotoran tersebut telah berubah.

Saya pernah mendengar bahwa dengan memberi lele pakan yang berasal dari proses biogas tersebut, maka dapat membuat peternak menghemat pengeluaran pakan mulai 50% – 70%. Jika ditotal maka angka tersebut adalah jumlah yang cukup banyak sekali. Tetapi memang untuk memproduksi kotoran dengan proses biogas, terdapat tahapan yang cukup rumit.

2 comments

    • Septa on 20 Februari 2018 at 3:21 pm

    Reply

    Itu formula yang membuat agar kotorannya tidak panas apa ya?

    • Septa on 20 Februari 2018 at 3:25 pm

    Reply

    Itu formula untuk pakan ayamnya biar kotoran gak panas apa ya? tolong bantu dong min, makasih

Tinggalkan Balasan