Menanam Jagung di Kebun Pisang

Salah seorang teman saya bermaksud untuk menanam jagung di lahan miliknya, hanya saja lahan tersebut sudah ada pohon pisangnya. Lalu dia coba mengutarakan maksudnya kepada teman-teman petani jagung yang lain, untuk meminta pendapat mereka apakah lahan tersebut masih bisa digunakan untuk menanam jagung ?

Secara garis besar, teman-teman petani jagung mengatakan, bahwa lahan tersebut akan menghasilkan jagung yang jelek nantinya. Alasannya, karena tanaman jagung membutuhkan sinar matahari yang banyak, jadi jika masih ada pohon pisang di sana, maka sinar matahari yang harusnya digunakan oleh jagung dalam pertumbuhan, akan banyak diserap oleh tanaman pisang.

Lagi pula tanaman pisang juga memiliki ukuran yang lebihi besar dan lebih tinggi, pastinya jagung akan kalah bersaing dengan pisang dalam mendapatkan sinar matahari.

Selain itu, pupuk dan air yang harusnya kita siapkan untuk jagung, bisa jadi akan terbagi dan diserap oleh tanaman pisangnya. Jika dipaksakan, maka mereka khawatir maka buah jagungnya akan bundel pupus. Kemungkinan besar tongkol jagung yang dihasilkan hanya sebesar kepala ayam.

Sebaiknya jika memang lahan tersebut ingin digunakan untuk menanam jagung, maka sebaiknya pohon pisangnya dipindahkan ke tempat lain. Lalu tanahnya diolah lagi, sampai siap untuk ditanami jagung.

Saran tambahan dari petani jagung tadi, bahwa jika memang pohon pisangnya sayang untuk ditebang, maka sebaiknya lahan tersebut jangan ditanami jagung, tetapi sebaiknya lahan di sekitar pohon pisang itu ditanami lombok saja. Karena tanaman lombok masih bisa menghasilkan panen yang cukup baik, meskipun ditanam di sekitar pohon pisang.

Tinggalkan Balasan