Saat Katak Datang ke Kolam Kita

Beberapa waktu yang lalu saya sangat jengkel sekali karena serangan katak yang sangat banyak di sekitar kolam budidaya milik saya. Akibat yang ditimbulkan oleh serangan katak ini bahkan tidak main-main, karena bisa membunuh ikan hias sebanyak sekolam penuh.

Untuk jenis katak yang menyerang kolam budidaya milik saya, ada beberapa jenis, hanya saja jenis yang paling banyak adalah katak pohon atau katak daun yang memiliki kaki yang sangat panjang dan mampu untuk meloncat sangat tinggi.

Sedangkan untuk jenis yang lain, yang juga sering menyerang kolam saya adalah dari jenis katak tanah yang beracun dan yang tidak terlalu tinggi loncatannya. Bahkan jika saya membunuh katak ini, semut dan serangga lainpun tidak akan ada yang mendekati bangkainya, hal ini karena katak tanah tersebut cukup beracun, jadi meskipun sudah menjadi bangkai tetapi racunnya tetap ada, dan masih aktif.

Hal yang terjadi adalah katak dewasa yang siap untuk kawin biasanya mereka akan sangat kelaparan saat datang ke kolam budidaya milik saya, sehingga untuk mengisi perutnya katak tersebut tidak hanya mengkonsumsi serangga seperti jenis nyamuk, tetapi terkadang katak ini juga berburu ikan hias atau ikan konsumsi yang masih berukuran kecil yang ada di dalam kolam.

Apalagi jika sampai katak-katak tersebut menggunakan kolam budidaya kita sebagai lokasi untuk kawin, maka saat katak tersebut selesai melaksanakan kawin, katak tersebut akan menjadi sangat kelaparan dan kelelahan, jadi untuk memulihkan kondisinya tidak jarang katak-katak tersebut juga memburu ikan yang terdapat dalam kolam tersebut untuk dijadikan sebagai santapannya.

Lalu jika sampai telur katak tersebut ada yang lolos dari pengamatan saya, maka tidak jarang telur tersebut akan menetas dan menghasilkan berudu atau kecebong atau anak katak, dalam jumlah yang sangat banyak. Karena jumlahnya yang sangat banyak, maka dalam waktu yang sangat singkat makanan alami di dalam kolam dan pakan yang diberikan untuk ikan akan menjadi habis oleh mereka.

Dan saat pakan yang ada di dalam kolam sudah habis, maka kecebong tersebut akan mulai untuk mencoba memangsa ikan yang ada di dalam kolam tersebut. Bahkan saya pernah mengalami satu kolam ikan hias saya habis total karena serangan kecebong ini.

Bahkan kakak saya pernah mengalami kerugian yang cukup banyak karena bibit ikan lele yang dia tebar di kolamnya habis karena serangan katak, bahkan dari 5000 ekor bibit yang dia tebar pada saat itu, hanya sekitar 28 ekor ikan yang bisa dia panen.

Karena itu lebih baik kita waspada jika sampai ada katak yang berada di sekitar kolam budidaya kita.

2 comments

    • Romano on 30 November 2016 at 11:37 pm

    Reply

    Betul sekali …😖😵
    Sy sdh pagari, msh selalu ad, selalu sy jaring, banting n injak2 pk boot 😭😠

      • Remi on 2 Desember 2016 at 3:44 pm
      • Author

      Reply

      Tapi untuk yang katak daun, kalau ngak dihancurkan kepalanya dia biasanya bangun lagi trus pergi.
      Rata-rata kalau katak biar mati harus dihancurkan kepalanya

Tinggalkan Balasan