Menanam Buah Naga dari Bijinya

Menurut saya, bahwa orang yang menanam buah naga dari bijinya adalah sesuatu hal yang baru, dan mungkin juga merupakan hal yang belum pernah saya dengar. Tetapi beberapa waktu yang lalu, salah seorang teman mengatakan bahwa dia berhasil menanam buah naga dari bijinya.

Jadi, pada saat membeli buah naga, dia menyisakan sedikit bagian, untuk diambil bijinya. Lalu biji buah naga tersebut disemai, dan setelah biji tersebut tumbuh baru ditanam di dalam tanah.

Untuk kondisi pohon buah naga yang berasal dari biji ada perbedaan dengan buah naga yang berasal dari stek batang. Menurut teman saya ini, bahwa kondisi buah naga dari biji ini lebih mirip seperti pohon kaktus hias. Yaitu dengan kondisi batang tidak membesar, dengan jumlah batang yang banyak, maka buah naga ini lebih terlihat rimbun.

Pada saat itu dia bercerita, bahwa dia sudah merawat buah naga tersebut selama satu tahun. Dan mungkin dalam waktu dekat akan segera membuang pohon buah naga tersebut. Hal ini karena menurut dia, kemungkinan besar pohon buah naga tersebut tidak akan berbuah, setidaknya sebelum berusia lima tahun.

Menurut teman saya ini, bahwa dia sudah tidak sabar jika harus menunggu selama empat tahun lagi. Lebih baik, jika dia menanam buah naga yang berasal dari stek batang saja dan menggantikan pohon buah naga dari biji tersebut.

Sebagai informasi tambahan, bahwa batang tanaman buah naga akan mengeluarkan akar setelah berbuah. Lalu batang buah naga tersebut akan dipotong, sedikit di atas batang yang ada akarnya. Setelah itu tinggal ditanam. Ini adalah cara yang biasa dilakukan oleh petani di daerah sekitar tempat tinggal saya dalam melakukan pembiakan tanaman buah naga.

Tinggalkan Balasan