Semakin Banyak Pohon Sengon maka Kualitas Udara Semakin Baik

Sebenarnya bukan hanya pohon sengon saja yang dapat membuat kualitas udara menjadi semakin baik, karena pada kenyataannya hampir semua jenis pohon dan tanaman akan membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Apalagi jika jumlah pohon dan tanaman tersebut cukup banyak, maka kualitas udara akan semakin baik. Jika ditambah dengan ukuran pohon dan tanaman yang besar, maka kualitas dari udara juga akan menjadi semakin baik lagi.

Beberapa waktu yang lalu, mungkin sekitar 15 tahun lalu. Pada saat banyak orang menggembar-gemborkan tentang reformasi. Pada saat itu, jumlah penebangan liar, sangat banyak sekali di daerah sekitar tempat tinggal saya. Pada waktu itu kualitas udara menjadi buruk, dan terasa sangat kotor, bahkan udara juga terasa sangat panas sekali. Pada waktu itu, baik siang maupun malam hari, suhu rata-ratanya menjadi meningkat, karena hal tersebut maka suasanya di dalam dan di luar ruangan, menjadi semakin tidak nyaman.

Tetapi setelah tanaman sengon ini menjadi booming seperti sekarang ini, banyak lahan yang sebelumnya terbengkalai menjadi semacam hutan dadakan. Bahkan, sebagian besar hutan yang sebelumnya telah gundul, sekarang mulai menjadi hijau kembali.

Bahkan ada beberapa lahan yang sebelumnya tidak terlalu produktif jika ditanami tanaman pangan, sekarang menjadi lahan hijau yang menghasilkan, saat ditanami sengon. Bahkan bukan hanya lahan tandus saja yang mulai ditanami sengon, tetapi beberapa lahan produtif yang masih menghasilkan juga ikut-ikutan dirubah menjadi lahan sengon.

Pohon sengon sekarang tidak hanya dibudidayakan di hutan-hutan, ataupun juga di tempat-tempat yang terpencil. Tetapi pohon sengon juga sudah mulai dibudidayakan di lokasi yang dekat dengan permukiman penduduk. Bahkan di sekitar rumah saya, pohon sengon juga yang dijadikan sebagai tanaman peneduhan untuk pinggir jalan.

Dengan jumlah pohon sengon yang semakin banyak dan lokasinya yang mulai tersebar dengan rata ke seluruh tempat, maka saya merasa bahwa kualitas udara menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Lalu saya merasa juga bahwa suhu udara juga terasa lebih dingin jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Bagaimanapun juga pohon sengon bisa ditanam dalam jumlah yang sangat banyak, misalkan saja dalam satu hektar lahan, bisa ditanami pohon sengon sebanyak 2.600 batang. Untuk ukuran batang pohon sengon yaitu sekitar 30 – 40 cm, dan dengan tinggi sekitar 25 meter. Maka dapat dibayangkan berapa banyak oksigen yang dapat dihasilkan oleh kebun ini, belum lagi berapa banyak polusi dan juga gas karbon yang bisa mereka serap.

Hitungan tersebut hanya untuk satu areal penanaman saja, tetapi jika areal penanamannya semakin banyak dan tersebar di berbagai tempat, maka kualitas udara yang didapatkan akan semakin baik juga. Saya rasa jika tren penanaman pohon sengon dan juga pengolahannya semakin maju, maka bukan tidak mungkin akan ada banyak hutan dadakan di lahan sekitar rumah.

Tinggalkan Balasan