Memperoleh Ayam Jantan saat Membeli Anakan Ayam petelur

Sebenarnya adanya ayam jantan dalam sekali pembelian bibit ayam petelur adalah sangat jarang sekali terjadi, hal ini karena memang tujuan dari budidaya ayam ini adalah untuk diambil telurnya, karena ayam betinalah yang dapat menghasilkan telur, maka hampir semua bibit ayam petelur adalah ayam betina, dan jika memang saat sampai di rumah dan kemudian kita rawat ayam tersebut dan ternyata ada ayam jantannya, maka hal itu adalah sebuah kerugian.

Tetapi memang bagaimanapun juga kita tidak dapat lagi untuk mengembalikannya ke pabrik, karena biasanya saat kita tahu bahwa ada ayam jantan dalam bibit ayam petelur kita adalah pada saat ayam tersebut sudah menginjak usia remaja. Karena jika masih bibit, ayam-ayam tersebut terlihat masih sama dan sulit untuk dibedakan.

Biasanya hal ini sering terjadi, jika teman saya dalam sekali mengambil bibit, dia mengambil 2.000 ekor, maka biasanya satu atau dua ekor diantaranya adalah ayam jantan.

Karena tidak dapat dijadikan sebagai ayam petelur maka jika sudah cukup umur, maka ayam petelur jantan ini akan di jadikan sebagai ayam potong, atau untuk diambil dagingnya saja.

Ada satu hal menarik soal ayam petelur yang jantan milik teman saya ini, yaitu ayam ini tidak mau kawin dengan ayam betina dari jenis ayam kampung. Jika menurut penuturan teman saya, kemungkinan besar hal ini dapat terjadi karena ayam tersebut tidak pernah melihat ayam betina dari jenis lain, selain dari jenis ayam petelur, jadi mungkin agak nerveus saat menghadapi betina dari jenis ayam kampung.

Untuk ukuran tubuh dari ayam petelur jantan ini, memiliki tinggi badan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan ayam kampung jantan pada umumnya, tetapi ayam petelur jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar/gempal dari pada ayam kampung jantan.

    • tulus1997 on 20 Oktober 2018 at 10:06 pm

    Reply

    tolol sekali.. justru dengan anda punya pejantan ayam petelur.. ada bisa produksi anakan ayam petelur yg harganya mahal.. dan pejantan ayam petelur merupakan rahasia besar pabrik. saat ini banyak peternak berusaha mendapat keturunan ras petelur dengan kawin silang dengan ayam lain, tapi hasil nihil.. sedangkan anda punya ayam ras petelur jantan, itu bukan kesialan, itu keberuntungan yg luar biasa

      • Remi on 22 Oktober 2018 at 3:39 am
      • Author

      Reply

      Saya rasa semua orang berhak mengemukakan pendapatnya, dan hal yang dianggap beruntung bagi seseorang belum tentu bagi orang lain. jadi, itu tergantung dari sudut pandang individunya.

    • setyo on 2 November 2018 at 10:08 pm

    Reply

    saya ada jantan petelur kok warnanya beda ya..hampir sama warnanya dengan si betina.cuman agak kemerahan…

      • Remi on 3 November 2018 at 5:03 am
      • Author

      Reply

      Saya sendiri kurang tahu, karena kemarin itu di peternakan saya hanya diberi tahu jika itu adalah ayam petelur yang jantan. Tetapi jika demikian mungkin saja itu berasal dari jenis atau varietas ayam, yang memang pejantannya mirip seperti betinanya. Karena setahu saya jenis ayam petelur itu ada beberapa.

    • Tyunan on 22 November 2018 at 8:45 pm

    Reply

    Mohon infonya yg jual ayam pejantan petelur?

      • Remi on 23 November 2018 at 4:54 am
      • Author

      Reply

      Mohon maaf saya sendiri tidak tahu apakah ada yang jual ayam petelur jantan, karena beberapa peternak ayam petelur malah menganggap bahwa ayam petelur yang jantan adalah sebuah kerugian bagi mereka, jadi pastinya akan segera dibuang atau dimasak. Dan proses mendapatkannya juga secara kebetulan dan tidak dapat diprediksi.

    • Ilham Arrahman on 9 Desember 2018 at 10:57 am

    Reply

    Misi para juragan, jika memang ada yang memiliki ayam petelur jantan namun merasa rugi akan memiliki ayam petelur jantan tersebut. Juragan bisa hubungi saya jika memang ingin dijual. (0877 8151 4800 whatsapp/sms/telfon). Terimakasih juragan

      • Remi on 10 Desember 2018 at 4:46 am
      • Author

      Reply

      Perlu saya informasikan juga, bahwa sebenarnya saya hanya mengumpulkan data dari banyak orang dan banyak lokasi, jadi informasi tentang ayam petelur jantan tersebut saya dapatkan ketika saya berkunjung ke peternakan ayam petelur. Jadi sebenarnya itu bukan milik saya. Tetapi akan saya coba komunikasikan dengan pemilik ayam tersebut, apakah memang dia bersedia menjualnya.

Tinggalkan Balasan