Harga Anakan Ayam Petelur

Harga anakan ayam petelur saat ini adalah Rp 8.000/ekor (ayam yang baru menetas/0 tahun), harga ini adalah harga yang cukup mahal karena menurut teman saya yang yang seorang peternak ayam petelur, harganya bisa sampai semahal itu karena pada saat ini di pabriknya sedang melakukan pergantian indukan, jadi jumlah anakan yang dihasilkan tidak sebanyak biasanya, sehingga saat jumlah permintaan tetap tinggi, tetapi jumlah barang yang tersedia terbatas maka harga bibit ayam petelur ini menjadi naik.

Menurut teman saya, bahwa hal seperti ini sebenarnya cukup wajar, karena memang setiap beberapa waktu sekali pabrik pasti melakukan peremajaan indukan ayamnya, untuk mengganti indukan yang tua dengan indukan yang lebih muda, yang lebih produktif.

Untuk harga standart anakan ayam petelur sendiri berkisar diangka Rp 5.000 – Rp 6.000/ekor. Tetapi bagi para peternak ayam petelur, soal kenaikan harga adalah sesuatu yang tidak mungkin dihindari atau ditunda, karena jika sampai para peternak tersebut terlambat untuk membesarkan bibitnya maka kemungkinan besar akan ada jeda waktu dalam proses produksi telurnya, karena itu mau tidak mau karena kita butuh, maka saat harga bibit sedang mahal pun, tetap haru dibeli.

Dalam sekali pembelian bibit teman saya tersebut biasanya mengambil sebanyak 2.000 ekor bibit ayam petelur. Jadi dapat dibayangkan bahwa jika harga biasanya bibit ayam petelur Rp 6.000, maka teman saya tersebut harus mengeluarkan dana lebih sebanyak Rp 4.000.000. Tetapi untuk teman saya, meskipun harga mahal dia tetap harus membeli bibit tersebut.

Tetapi biasanya anakan ayam petelur akan lebih bisa bertahan hidup, bila dibandingkan dengan anakan ayam pedaging, sehingga harapan hidupnya juga akan lebih tinggi.

1 comment

    • takdir on 30 Juni 2017 at 2:29 pm

    Reply

    Harga 300 ekor bibit ayam,,berapa ???

Tinggalkan Balasan