Ulat Daun Pisang Pakan Tambahan untuk Ikan Hias

Beberapa waktu ini saya mencoba untuk memelihara ikan hias. Untuk jenis yang sedang saya coba pelihara adalah jenis ikan molly. Saya dengar dari beberapa kanalan bahwa ikan molly adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki tingkat produktifitas yang cukup tinggi, dalam reproduksinya.

Setelah saya mencoba untuk memeliharanya ternyata memang benar bahwa ikan molly tersebut dapat berkembang biak dengan sangat cepat, bahkan jarak antar satu kelahiran dengan kelahiran berikutnya juga tidak terlalu lama.

ulat daun pisang (2)

Karena di rumah saya banyak terdapat ulat daun pisang maka, saya mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang kegunaan dan kasiat dari ulat ini. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa selain sebagai pakan tambahan ternyata ulat daun pisang ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, bahkan dikatakan lebih lanjut bahwa kandungan protein yang terkandung di dalamnya lebih banyak daripada yang dimiliki oleh cacing tanah.

Salah satu dampak dari tingginya kandungan protein dalam tubuh ulat daun pisang ini adalah dapat memicu over birahi pada burung berkicau, karena itu saya mecoba untuk memberikannya juga pada ikan hias yang sedang saya pelihara ini. Ternyata artikel tersebut memang benar adanya, meskipun yang saya beri makan adalah jenis ikan hias air tawar, ternyata efek yang dialami cukup mirip dengan burung berkicau yang saya baca tadi, yaitu dapat meningkatkan niat dari ikan untuk berkembang biak.

Yang dasarnya ikan molly sudah cepat untuk berkembang biak, tetapi dengan pakan tambahan dari ulat daun pisang ini, ternyata perkembang biakannya malah bertambah pesat saja.

Hanya saja saya belum melakukan uji coba kepada jenis ikan yang lain ataupun hewan yang lain, karena itu saya tidak tahu apakah efek yang ditimbulkan juga akan sama. Mungkin untuk kedepannya jika saya sudah mencoba untuk melakukan uji coba tersebut, saya akan mencoba untuk menyampaikannya pada artikel yang akan datang.

2 comments

    • rizal minak mangku on 16 Oktober 2018 at 10:47 am

    Reply

    kalau untuk ikan louhan bagus gak pak kalau di kasih ulat dau pisang..

      • Remi on 17 Oktober 2018 at 4:52 am
      • Author

      Reply

      Saya pribadi belum pernah mencoba untuk ikan louhan, jadi tidak tahu persis efeknya apa. Tetapi jika melihat rekam jejak pada ikan lain saya rasa hasilnya bisa bagus.

Tinggalkan Balasan