Jarang Ada yang Menjual Indukan Betina Ayam Aduan Berkualitas

Menurut beberapa peternak ayam petarung yang ada di daerah saya, yang telah saya wawancarai, mereka mengatakan bahwa untuk menghasilkan anakan ayam petarung yang berkualitas, maka kualitas dari indukan ayam tersebut juga akan sangat menentukan hasil dari anakannya, dan diantara kedua indukan tersebut induk betinalah yang  paling dominan untuk menghasilkan anakan yang berkualitas, bila dibandingkan dengan induk jantannya.

Memang kadang pejantan yang telah menang dalam banyak petarungan akan dijadikan sebagai indukan yang berkualitas, akan tetapi tetap saja kualitas dari si induk jantan tersebut, tidak dapat secara mutlak untuk menentukan anakan yang dihasilkannya menjadi berkualitas. Tetapi jika induk betinanya yang memiliki kualitas bagus, dan induk jantannya kualitasnya tidak terlalu bagus, maka kemungkinan anakan yang dihasilkan kemungkinan besar akan tetap bagus.

ayam jago

Menurut beberapa peternak ayam petarung yang saya wawancarai, mereka mengatakan bahwa perbandingan antara indukan jantan dan juga indukan betina dalam menghasilkan anakan ayam yang berkualitas berasal dari 80% induk betina dan 20% dari indukan betina. Bahkan ada peternak lain yang mengatakan bahwa, jika kita ingin menghasilkan anakan ayam yang baik, yaitu berasal dari gabungan 90% induk betina dan 10% indukan pejantannya.

Saya tidak tahu persis tentang hal tersebut karena masalah gen pembawa kualitas bagus dari indukan tidak dapat dilihat secara kasat mata. Tetapi dengan banyak asumsi dan juga pendapat dari beberapa peternak ayam petarung yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun mengatakan hal yang hampir sama, yaitu bahwa indukan betina adalah kunci untuk mendapatkan anakan yang baik.

Karena beberapa hal yang telah saya utarakan di atas, maka kebanyakan dari peternak yang saya wawancarai tersebut mengatakan, bahwa mereka tidak akan pernah untuk menjual indukan betinanya, karena mereka takut jika sampai di dalam arena pertarungan, ayam mereka mendapat tandingan dari ayam yang indukannya sama, sehingga dalam pertarungan tersebut dapat menyebabkan kemungkinan untuk kalah semakin besar.

Bahkan ada peternak yang lebih ekstrim lagi, yaitu dari pada indukan betina ayam petarung mereka sampai dibeli ataupun jatuh ke tangan orang lain, lebih baik jika indukan tersebut disembelih saja. Jadi tidak akan ada anakan yang dihasilkan dari indukan yang sama, sehingga kemungkinan untuk bertemunya anakan ayam dari induk yang sama akan semakin kecil, jadi kemungkinan kita akan menang dalam pertarungan akan semakin besar.

Bahkan kerena hal tersebut maka harga dari indukan ayam petarung betina menjadi sangat mahal, bahkan jika indukan tersebut adalah indukan yang berkualitas, maka harganya juga akan naik beberapa kali lipat, bahkan mungkin harganya akan semahal ayam petarung yang sudah memenangkan banyak pertandingan.

Tinggalkan Balasan