Bekatul Sebagai Bahan Pembiakan Jentik Nyamuk

Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan banyak tentang sekam, dedak dan bekatul. Lalu pada artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana penggunaan bekatul dalam budidaya jentik nyamuk. Karena seperti kita ketahui bahwa bekatul adalah bahan yang sering digunakan sebagai pakan ternak, dan dapat dijadikan sebagai pakan jentik nyamuk.

Atau mungkin ada juga pembaca yang belum tahu, bahwa jentik nyamuk adalah salah satu pakan yang sangat disukai ikan, terutama ikan yang masih kecil. Karena itu saya ingin merekomendasikan, kepada para peternak ikan yang mau membudidayakan jentik nyamuk, dapat mencoba untuk menggunakan bekatul.

Sebetulnya proses penggunaan bekatul untuk membuat jentik nyamuk, cukup sederhana. Pertama kita hanya perlu merendam bekatul yang baru saja kita beli, di dalam air.

Biasanya ada bekatul yang terndam sempurna dan ada yang masih mengambang, jadi kita akan buang bagian yang mengambang tersebut. Lalu bagian yang tenggelam akan kita sebarkan ke tempat penampungan air yang sudah kita siapkan. Tempat penampungan ini kita siapkan sebagai wadah untuk perkembangan jentik nyamuk nantinya.

Sedangkan untuk jumlahnya, sebaiknya jangan terlalu banyak. Karena malah menyebabkan pembusukan di dalam tempat penampungan, mungkin hanya diperkirakan saja sampai bagian dasar tempat penampungan tertutupi saja.

Baru setelah itu air di tempat penampungan teresebut ditambahkan probiotik, tujuannya untuk mempercepat proses pembuatan pakan jentik nyamuk dari bahan bekatul, yang sudah kita sebarkan sebelumnya. Dan kalau tidak ada probiotik pun itu tidak apa-apa.

Tempat penampungan ini bisa berupa ember, tong / drum, bahkan sebelum saya melakukna tebar bibit ikan, saya menyebarkan dulu bekatul di hampir seluruh dasar kolam. Tujuannya agar air kolam tersebut lebih cepat ditumbuhi oleh jentik nyamuk, dan pada saat jentik nyamuk tersebut sudah banyak di dalam kolam, maka itu tandanya bahwa kolam siap untuk ditebar bibit ikan.

Proses pembuatan pakan bagi jentik nyamuk ini akan lebih cepat terbentuk jika wadah penyimpanan air diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tinggalkan Balasan