Sejarah Ditemukannya Kertas

Di masa lalu bahan untuk menulis adalah benda-benda yang sangat mahal harganya, misalnya saja papirus dari Mesir, ataupun kulit binatang. Selain jumlah dari bahan tersebut sangat terbatas, harga dari bahan-bahan tersebut yang sangat mahal, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membelinya.

Boleh dikatakan bahwa pada zaman itu, proses pembuatan kertas belum ditemukan, dan bangsa yang pertama kali menemukan proses pembuatan kertas adalah bangsa China. Mungkin dapat dikatakan bahwa proses pembuatan kertas tidak banyak berubah hingga sekarang ini.

Sebagai tambahan saja, bahwa saat awal kertas ditemukan, kertas adalah komoditi yang sangat menguntungkan bagi bangsa China, selain produk unggulan lain seperti teh, dan sutra.

Pada saat awal ditemukan, bahan baku untuk membuat kertas adalah kulit kayu murbei. Alasan yang paling masuk akal, mengapa menggunakan kulit kayu murbei sebagai bahan bakunya, yaitu karena pada saat itu bangsa China merupakan produsen kain sutra, dan seperti kita tahu bahwa ulat sutra yang menghasilkan benang sutra, hanya memakan satu jenis daun saja, yaitu daun murbei (ditempat saya murbei lebih dikenal sebagai besaran).

Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan pakan dari ulat sutra, maka wajar saja jika ditanam pohon murbei dalam jumlah yang banyak. Sehingga kondisi ini memudahkan penemunya dalam melakukan uji coba pembuatan kertas.

Dalam proses awal pembuatan kertas, tidak seperti sekarang ini yaitu hampir semua bagian kayu kecuali kulitnya dapat digunakan sebagai bahan bakunya. Pada masa awal pembuatan kertas, hanya bagian kulit kayu murbei saja yang dapat digunakan. Maklum saja karena pada masa itu kertas baru saja ditemukan, dan tentunya masih memerlukan beberapa ratus tahun lagi untuk mengembangkannya.

Karena penemuan kertas tersebut, maka bangsa China dikenal sebagai bangsa yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi. Dan salah satu keunggulan bangsa China dibandingkan dengan bangsa lain, adalah kemampuannya dalam menulis, sehingga banyak catatan yang dihasilkan, bahkan sampai sekarang beberapa catatan tersebut masih digunakan, dan masih relevan. Terlebih lagi, kita masih dapat mengenal bangsa China di masa lalu berdasarkan catatan yang sudah mereka buat.

Sedangkan untuk proses pembuatan kertas yang pertama yang dilakukan oleh Bangsa China tersebut, akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan