Perut Ikan Mati dengan Kondisi Berlubang

Salah seorang teman peternak ikan Nila, mengeluhkan kondisi ikannya karena banyak yang mati, kondisi ikan yang mati tersebut, hampir semua memiliki lubang sebesar bulir jagung pada bagian tubuhnya. Ikan yang mati tidak hanya anakannya yang ukurannya kecil saja, tetapi juga ikan indukan yang ukurannya besarpun juga banyak yang mati.

Lalu karena penasaran, teman saya ini mencoba untuk membelah perut ikan yang mati tersebut, ternyata di dalam perut ikan tersebut terdapat beberapa ekor kecebong. Kemudian dia mencoba untuk membelah perut ikan yang lainnya lagi, dan ternyata di dalam perut ikan tersebut, juga ditemukan kecebong hidup.

Sepertinya kecebong tersebut memakan tubuh ikan-ikan tersebut dari bagian perutnya yang lunak, kemudian masuk ke dalam tubuh ikan, dan lagi dia menambahkan bahwa hampir semua yang dimakan oleh kecebong tersebut hanya bagian organ dalam perutnya saja. Sementara bagian dagingnya masih terlihat utuh.

Dia tidak tahu, apakah jika dibiarkan lebih lama lagi maka bagian dagingnya juga akan ikut dimakan atau tidak, tetapi karena serangan pada organ dalam perutnya, maka ikan-ikan tersebut bisa langsung mati.

Boleh dibilang serangan kecebong ini bisa menyebabkan kerugian yang sangat banyak, karena jumlah ikan yang mati bisa sangat banyak. Belum lagi jumlah pakan yang diberikan, sering kali dihabiskan oleh kecebong-kecebong itu juga, akibatnya perkembangan ikan yang masih sehat menjadi terhambat. Kemudian bila pakan ikannya habis, maka ikan yang ada di kolam tersebut akan ikut dimakan oleh kecebongnya sekalian.

Cara mengatasi masalah seperti ini, yaitu dengan menjaga agar kolam tidak dimasuki katak yang akan bertelur, tetapi pastinya hal ini akan sulit. Sedangkan cara untuk membasmi kecebong yang sudah terlanjur menetas, masih belum ada cara jitu yang bisa dia ajarkan. Karena itu dia mengingatkan agar para peternak bisa lebih berhati-hati.

Tinggalkan Balasan