Menghilangkan Kerak Putih pada Tanki Aquarium

Mungkin bagi anda penghobi ikan hias atau aquascape pernah atau bahkan sering mengalami hal ini, yaitu pada dinding bagian dalam tanki aquarium anda, terdapat bercak berwarna putih pada bekas garis genangan air di dalam aquarium.

Biasanya bercak ini muncul karena kondisi aquarium yang jarang dibersihkan, sehingga garis genangan air membentuk garis putih. Karena biasanya aquarium yang sering diganti airnya dan yang sering dibersihkan tidak memiliki garis air seperti itu.

Selain itu, seperti kita tahu bersama, bahwa kondisi air yang ada di sekitar lingkungan kita, banyak sekali mengandung bahan kimia. Misalnya pada perusahaan air minum daerah, mereka akan menggunakan banyak bahan untuk menjernihkan airnya.

Belum lagi, jika ditambah dengan kotoran yang berasal dari pakan dan kotoran ikan ikan, pastinya akan memberikan dampak untuk membuat bercak noda pada garis air aquarium. Pastinya jika dibiarkan terlalu lama, maka noda pada aquarium tersebut akan menjadi kerak yang menjadi semakin sulit dibersihkan.

Tetapi pada artikel ini, saya akan membagikan pengalaman beberapa orang teman, dalam membersihkan aquarium mereka.

Cara pertama, anda bisa mencoba untuk menggunakan sitrun, jadi caranya anda tinggal merendam aquarium tersebut dengan menggunakan sitrun semalaman, lalu besoknya anda tinggal menggosok-gosok bagian yang terdapat noda tersebut. Cara ini adalah cara yang paling banyak disarankan oleh teman-teman penghobi ikan hias.

Cara kedua, anda bisa menggunakan pasta gigi (odol), hanya saja merknya tidak mereka beritahukan, karena pastinya kandungan dari pasta gigi yang satu berbeda dengan pasta gigi yang lain, jadi merk mana yang lebih efektif membersihkan noda. Tetapi memang biasanya, cara ini sangat efektif jika nodanya masih baru, atau masih belum parah, tetapi jika sudah parah, maka cara ini dirasa kurang efektif. Meskipun demikian, cara ini layak anda gunakan.

Hal lain yang perlu anda perhatikan yaitu soal bahan pembuat aquarium anda, karena tidak semua aquarium menggunakan bahan kaca, karena ada aquarium yang menggunakan akrilik. Untuk aquarium yang menggunakan akrilik anda harus berhati-hati dalam menggosoknya, karena jika anda menggunakan bahan yang keras seperti kertas  gosok dan anda menggosoknya terlalu kasar, maka goresan pada dinding akrilik tersebut akan membuatnya terlihat lebih buruk, bahkan akan membuat aquarium terlihat lebih buram.

 

Untuk anda yang ingin hasil lebih maksimal, mungkin anda bisa membeli sejenis bahan kimia di toko bangunan yang khusus untuk menghilangkan noda pada kaca. Tetapi untuk merk dan harga saya tidak tahu persis, karena biasanya sebelum kaca aquarium saya menjadi kotor saya sudah berusaha untuk membersihkannya.

Tinggalkan Balasan