Apakah Ikan Koi Jika diberi Makan Nasi Bisa cepat Besar?

Ini merupakan pertanyaan dari salah seorang penghobi ikan koi yang baru saja memulai memelihara ikan koi. Memang dia belum berpengalaman, sehingga apa yang dilakukan lebih ke arah coba-coba. Pada saat itu dia ingin tahu apakah ikan koi itu cukup diberi makan nasi saja sudah cukup? Harapan dia bahwa dengan memberikan pakan nasi saja, maka ikan koi miliknya itu tetap bisa tumbuh besar, seperti pada saat ikan tersebut diberi pakan buatan pabrik.

Meskipun ada penghobi lain yang memberikan jawaban bercanda seperti jangan diberi nasi karena nanti ikan diabetes ataupun ada juga yang memberi jawaban jika ikan diberi makan nasi, maka ikan tersebut sebaiknya diberi makan sayurnya juga. Biarpun demikian tetap saja ada pengohobi yang memberikan jawaban serius. Berikut adalah jawaban beliau.

Yang pertama, bahwa karbohidrat itu tidak terlalu penting bagi tumbuh kembang ikan, karena yang bertanggung jawab dalam proses pembesaran ikan adalah protein. Sedangkan paling tidak pakan yang diberikan pada ikan koi harus mengandung 40% protein.

Tetapi dia juga menyarankan, kalau memang tidak memiliki cukup dana membeli pakan pabrikan yang kualitasnya bagus, maka sebaiknya gunakan saja pakan alami, contohnya seperti cacing tanah, cacing sutra, ataupun jangkrik. Karena pakan alami jika kita tidak punya uang untuk membeli, kita masih bisa mencarinya sendiri di alam.

Perlu diketahui juga, bahwa kandungan protein di dalam tubuh jangkrik sekitar 60%, sedangkan cacing tanah kandungan proteinnya sekitar 65%. Sebagai catatan bahwa sebaiknya jenis pakan yang diberikan pada ikan koi untuk menunjang pertumbuhannya adalah pakan yang memiliki kandungan protein di atas 40%, dan kedua pakan alami di atas sudah memenuhi syarat.

Kalau anda ingin membeli pakan alami yang sudah dijual di toko pakan hewan, dia menyarankan agar memberi pakan dengan ulat Hongkong atau ulat kandang, menurut dia ikan koi juga suka terhadap menu ulat Hongkong tersebut.

 

Dari pandangan tersebut, penghobi senior tersebut mengatakan bahwa sudah cukup banyak dia memberi gambaran, selanjutnya tinggal terserah pada anda masing-masing, kira-kira pakan mana yang akan digunakan dalam proses pembesaran ikan koi.

Sebagai catatan tambahan, bahwa untuk jangkrik, kakinya tidak perlu dipatahkan dulu. Jadi, langsung dimasukkan saja ke dalam kolam, karena ikan koi yang jinak akan langsung memakan jangkrik tersebut. Dan selama menggunakan pakan alami seperti jangkrik atau ulat Hongkong, dia mengatakan bahwa ikan koi miliknya baik-baik saja dan tidak pernah mengalami masalah kesehatan.

Tinggalkan Balasan