Pengalaman Memiliki Rumah di dekat Aliran Air dari Pegunungan

Beberapa waktu yang lalu ada seorang kenalan dia bercerita bahwa dia baru saja membeli tanah di kaki gunung, rumah tersebut memang masih asri dengan banyak pepohonan. Lalu yang menjadi perhatiannya adalah saluran air yang berada di dekat rumahnya itu, menurut dia saluran tersebut berasal dari gunung sana, selain itu debit airnya sangat stabil sepanjang tahun, meskipun dengan kondisi air yang agak keruh.

Yang dia ingin tahu, apakah memungkinkan untuk menjadikan saluran air tersebut menjadi kolam ikan Koi. Teman penghobi ikan koi yang lain kebanyakan mengatakan bahwa lingkungan seperti itu sangat ideal untuk digunakan sebagai tempat pembesaran ikan koi.

Hanya saja para penghobi itu memberi petunjuk agar aliran air tersebut sedikit dihambat dengan memberikan filter pada posisi datangnya air. Tujuannya agar kotoran dan sampah tidak ikut masuk ke dalam area pemeliharaan, selain itu filter juga bisa membuat kondisi air menjadi lebih jernih. Lalu pada bagian batas kolam pemeliharaan juga dipasang jaring dengan tujuan agar ikan tidak hanyut bersama aliran air.

Ada penghobi lain yang menambahkan, bahwa kondisi seperti ini yang apa adanya merupakan kondisi yang lebih dari cukup untuk melakukan pembesaran ikan koi. Dia mengatakan bahwa ikan koi sebaiknya jangan terlalu dimanja agar ikan tidak gampang mati.

Yang jelas para penghobi itu sepakat bahwa merawat ikan koi dengan menggunakan sistem air pegunungan yang mengalir terus-menerus seperti ini bisa menghemat biaya pakan. Jadi, harga jual ikan bisa memiliki selisih yang banyak.

Untuk anda yang memiliki lahan seperti yang saya ceritakan di atas, mungkin anda juga bisa memaksimalkannya dengan menjadikannya sebagai kolam pembesaran ikan koi.

Tinggalkan Balasan