Kolam Ikan Koi tidak Memakai Aerator

Pernah suatu kali saya melihat kolam ikan koi milik salah seorang kenalan. Pada waktu itu saya tidak melihat ada aerator pada kolam ikan koi tersebut, padahal biasanya di kolam ikan koi yang lain, aerator merupakan barang wajib yang harus ada, karena hal tersebut maka saja menjadi penasaran.

Saya bertanya kepada pemilik kolam mengapa di kolam miliknya itu tidak dipasang aerator? Untuk anda yang belum tahu apa itu aerator. Aerator adalah alat yang diletakkan di dalam kolam atau aquarium yang berfungsi untuk menghasilkan gelembung-gelembung udara. Fungsi aerator sendiri yaitu untuk menambah kandungan oksigen terlarut yang ada di dalam kolam, pastinya dengan adanya aerator, maka ikan akan lebih mudah bernafas, sehingga masa hidupnya bisa menjadi lebih panjang.

Jadi kolam ini, hanya menggunakan air terjun mainan sebagai sumber oksigen bagi ikan koi di dalamnya. Selama setahun terakhir ini dia selalu menggunakan cara ini, dan sampai saat ini tidak pernah ada masalah berarti yang menyangkut kondisi ikan koi di dalam kolam tersebut, karena tidak ada masalah maka dia terus saja menggunakan cara ini.

Biasanya ikan koi yang mengalami kekurangan oksigen, akan muncul ke permukaan air dan berusaha untuk mengambil oksigen dari udara bebas. Mungkin bahasa lainnya “Ngap-ngapan”. Tetapi pemilik kolam mengatakan bahwa hal tersebut tidak pernah terjadi, jadi dia merasa bahwa air terjun buatan ini masih cukup untuk menghasilkan oksigen bagi ikan-ikannya.

Meskipun hanya menggunakan air terjun mainan saja, tetapi sebenarnya di belakang air terjun mainan tersebut dia tetap memasang sistem penyaringan air yang memadai, bahkan kolam juga sering dibersihkan setiap dua minggu sekali. Jadi, boleh dibilang kondisi ikan sudah cukup memadai untuk dapat hidup dengan baik.

Tetapi bagaimanapun juga dia tetap mengakui, jika kolam tersebut diberi aerator, maka kolam tersebut akan menjadi lebih baik. Hanya saja untuk saat ini, dia merasa bahwa air terjun mainan tersebut sudah cukup.

Mungkin untuk anda yang ingin mencoba cara ini, sebaiknya yang perlu anda perhatikan adalah ketinggian air terjunnya. Karena semakin tinggi air terjunnya, maka semakin banyak kandungan oksigen yang bisa dihasilkan dalam air kolam tersebut.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan