Proses Pembuatan Mie Spageti Jagung di Pabrik

Biasanya bahan baku yang lazim digunakan sebagai bahan baku pembuatan mie spageti berasal dari terigu, tetapi kali ini ada kreasi yang menggunakan bahan baku dari jagung. Berikut adalah proses pembuatannya.

Pertama, tepung jagung akan dicampur dengan air panas, lalu tepung tersebut akan terus-menerus diaduk dalam mesin pencampur. Proses pencampuran ini akan berlangsung selama 45 menit sampai adonannya khalis. Jika sudah selesai, maka adonan akan dimasukkan ke dalam mesin extruder, atau mesin pencetak mie.

Di dalam mesin extruder, adonan akan dipanaskan sampai suhu 90°C, dan setelah keluar, maka bentuk mie spageti sudah berbentuk panjang-panjang lurus dan masih lembek (dan akan menjadi kaku setelah kering dan dingin).

Karena berbentuk lurus maka mie akan dikumpulkan dalam bentuk melingkar terlebih dahulu. Sebelum nantinya mie akan digulung dalam gulungan yang lebih kecil-kecil lagi. Tujuan mie digulung dalam bentuk lebih kecil, yaitu untuk memudahkan dalam proses packing dan proses penjualan.

Mie akan dibiarkan mengering, dan setelah benar-benar kering, maka kemudian mie akan dimasukkan ke plastik packing untuk dipasarkan.

Tinggalkan Balasan