Proses Pembuatan Keripik Kentang Kemasan di Pabrik

Seperti kita tahu, bahwa keripik kentang adalah jajanan favorit bagi banyak orang di dunia. Karena itu tidak ada salahnya jika kita mengenal lebih jauh proses pembuatan keripik kentang ini.

Pada pabrik yang akan diceritakan ini, mereka mengatakan bahwa bahan baku kentang yang digunakan berasal dari jenis Snowden. Setelah kentang hasil panen dari petani sampai ke pabrik, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mencuci bersih kentang tersebut, tujuannya agar tidak ada tanah yang menempel pada kulit kentang.

Setelah bersih, maka kulit kentang akan dikupas, untuk proses pengupasannya dilakukan dengan menggunakan mesin. Kentang yang sudah dikupas, kemudian akan disortir, dan hanya digunakan yang beratnya sesuai standart pabrik saja.

Pada kentang hasil kupasan, masih ada titik-titik hitamnya, biasanya titik ini adalah tempat akar menempel. Titik hitam dalam kentang harus dihilangkan agar tidak mempengaruhi rasa keripik kentang yang dihasilkan. Proses penghilangan titik hitam ini dilakukan dengan cara menual oleh manusia.

Setelah proses pembersihan titik tersebut selesai dikerjakan, maka kentang akan dicuci lagi dengan menggunakan air panas, tujuannya untuk menjaga kebersihan kentang. Baru setelah itu kentang akan dipotong tipis-tipis. Sebagai tambahan, bahwa kentang yang mudah diiris adalah jenis kentang yang kandungan tepungnya tidak terlalu tinggi.

Dengan menggunakan ban berjalan, irisan kentang tadi akan digoreng tenggelam dalam minyak panas, setelah kentang matang maka kentang akan masuk ke ban berjalan yang bergetar, dengan tujuan agar keripik kentang yang sudah matang tidak saling menempel.

Kemudian keripik kentang akan dikirimkan ke bagian pemberi rasa, setelah itu keripik akan ditimbang dan dimasukkan ke dalam kemasan plastik pembungkusnya. Selain diisi dengan keripik kentang kemasan juga akan diisi dengan udara nitrogen, tujuannya agar rasa keripik kentang tidak berubah dan untuk menjaga tekstur keripik kentang agar tetap renyah.

Lalu kemasan keripik kentang yang dibuat menggembung, memiliki tujuan agar saat pengiriman dan selama proses penjualan keripik kentang kondisinya tidak banyak yang rusak atau patah-patah atau dengan kata lain, menjaga bentuknya agar tetap utuh.

Untuk pabrik yang saya ceritakan ini, mereka mengatakan bahwa dalam 20 menit, mereka bisa memproses 1.300 Kg kentang.

Tinggalkan Balasan