Cara Merawat Tanaman Kaktus yang Rusak saat Dikirim melalui Paket

Cerita ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu saat salah seorang teman saya membeli tanaman kaktus. Ternyata saat sudah sampai di rumah, tanaman kaktus tersebut dalam kondisi busuk. Meskipun sudah putus asa dan ingin membuang kaktus tersebut, ternyata jika kondisinya masih belum parah, tanaman tersebut masih bisa diselamatkan, dengan jalan dikarantina terlebih dahulu.

Syarat tanaman kaktus yang masih bisa diselamatkan, yaitu busuk yang terdapat di sekujur batang kaktus, masih belum menjalar ke bagian akarnya. Karena kehidupan tanaman kaktus terdapat pada akarnya, jadi jika akarnya sudah ikut membusuk, maka tanaman kaktus tersebut sudah tidak bisa diselamatkan lagi, dan harus dibuang.

Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu cuci bersih seluruh bagian tanaman kaktus tersebut, lalu potong dan buang bagian yang sudah membusuk, kemudian angin-anginkan tanaman kaktus tersebut setidaknya selama dua hari penuh.

Baru setelah itu tanam kaktus tersebut kita masukkan kembali pada tempat yang sudah disediakan misalnya pot atau wadah yang lainnya. Biasanya dengan cara ini banyak tanaman kaktus yang bisa dipulihkan lagi.

Mungkin anda bisa mencoba cara yang sudah diajarkan ini.

Tinggalkan Balasan