Membuat Bekicot menjadi Pakan Lele

Seperti kita tahu, bahwa bekicot adalah salah satu hama pertanian yang sangat mengganggu, terutama pada tanaman sayur, bahkan di beberapa daerah yang alamnya masih terjaga, jumlah serangan bekicot bisa sangat banyak. Meskipun demikian seperti kita tahu bahwa bekicot sudah diperjual – belikan sebagai menu andalan di beberapa tempat, bahkan daging bekicot sudah disejajarkan dengan daging sapi atau daging ayam. Bahkan daging bekicot dipercaya sebagian memiliki khasiat sebagai obat.

Karena keunggulan daging bekicot tersebut, maka daging bekicot memiliki potensi yang sangat baik untuk dijadikan sebagai pakan ikan lele. Sebenarnya cara pembuatan daging bekicot untuk dibuat pakan lele cukup mudah, mirip seperti proses pengolahan daging bekicot untuk dikonsumsi manusia.

Pertama-tama kita pecahkan dulu cangkang bekicotnya dan pisahkan antara daging dengan cangkang tersebut, karena yang akan kita gunakan hanya dagingnya saja.

Setelah itu, cuci bersih daging bekicotnya, usahakan agar sebagian besar lendirnya bisa hilang selama proses pencucian ini, karena menurut penuturan beberapa orang, lendir bekicot memiliki kandungan racun. Setelah dicuci rebus daging bekicot, tujuannya agar lendir yang masih menempel dapat dihilangkan semua.

Setelah direbus, maka daging siap untuk dipotong-potong atau dicincang halus, dan siap untuk dijadikan pakan ikan lele. Mungkin lebih baik lagi, jika anda memiliki alat penggiling daging, maka hasil gilingan tersebut akan jauh lebih baik kualitasnya sebagai pakan ikan.

Meskipun dapat dijadikan sebagai pakan ikan lele, tetapi sebenarnya bekicot ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Misalnya saja di tingkat pengepul untuk satu kilogram bekicot biasa dihargai Rp 60.000 – Rp 70.000. Karena harga bekicot yang sangat mahal itulah, maka jumlah bekicot di alam sudah semakin sedikit.

Ada peternak lain yang mengatakan bahwa sebaiknya bekicot yang sudah terkumpul itu dijual saja dulu, baru nanti uangnya diberikan pelet ikan, itu adalah cara paling mudah membuat bekicot dijadikan pakan ikan lele.

Tinggalkan Balasan