Tanah Bekas Menyemai Padi menjadi Kurang Subur

Mungkin anda pernah merasakan sendiri bahwa, tanah yang digunakan sebagai media untuk menyemai padi terasa tidak subur lagi setelah bibitnya diambil. Kejadian ini dialami oleh beberapa teman, dan setelah dia bercerita ternyata masih ada cara agar tanah tersebut bisa dipulihkan kesuburannya.

Yang jelas, untuk menumbuhkan bibit padi, diperlukan nutrisi yang cukup banyak, yang akhirnya saat padi tersebut siap untuk dipindahkan, maka nutrisi yang terkandung di dalam media tanahnya menjadi habis terpakai. Sehingga agar tanah tersebut menjadi subur kambali, maka tanah tersebut harus diberi pupuk.

Biasanya untuk petani yang berbeda, memiliki komposisi pupuk yang berbeda juga, mungkin juga ini berkaitan dengan kondisi lahan yang dimiliki oleh masing-masing petani. Contohnya, ada petani yang menggunakan campuran urea + NPK + phonska, dan campuran pupuk ini diberikan pada saat bibit padi sudah selesai dipanen, sebelum ditanami padi selanjutnya.

Untuk petani yang lain, ada yang menggunakan campuran dari pupuk mutiara + pupuk kandang + pupuk organik. Tetapi yang jelas bahwa untuk memudahkan petani, tanah yang bibit padinya sudah dipanen sebaiknya tidak usah diolah kembali dan langsung diberikan campuran pupuknya saja. Kalau mau hasilnya lebih baik, ada yang mengatakan jika sebaiknya tanah tersebut diolah kembali dari awal. Tetapi keputusan final memang terletak di tangan masing-masing petaninya sendiri.

Meskipun ada juga yang menyarankan untuk menggunakan TSP 36 ataupun granula, tetapi yang pasti bahwa tanah tersebut nutrisinya sudah digunakan, sehingga untuk membuat kandungannya menjadi subur kembali, maka tanah tersebut perlu ditambahkan nutrisi kembali. Sedangkan nutrisi apa yang perlu ditambahkan, sepertinya itu juga tergantung dari jenis tanah, tingkat kesuburuan tanah, dan juga kebiasaan dari petaninya sendiri.

Tinggalkan Balasan