Nama Latin Tanaman Melati

Setelah saya berbagi pengalaman saya dengan tanaman melati pada artikel sebelumnya, saat ini saya ingin berbagi pengetahuan sedikit tentang nama latin, morfologi dan fisiologi tanaman melati dari sudut ilmu pengetahuan. Hanya saja yang saya bagikan di sini hampir semuanya berasal dari sumber lain, dan bukan murni pikiran dan pengalaman saya seperti artikel sebelumnya.

Kingdom              : Plantae

Divisi                      : Magnoliophyta

Kelas                     : Magnoliopsida

Ordo                      : Lamiales

Famili                    : Oleaceae

Genus                   : Jasminum

Spesies                 : Jasminum floridum, Jasminum fruticans, dan masih ada sekitar 200 spesies melati

 

Melati sendiri dikelompokkan sebagai jenis tanaman perdu, dengan batang tegak dan hidup menahun (artinya tidak langsung mati setelah dipanen seperti jenis tanaman sayur). Genus melati merupakan genus dari jenis tanaman merambat dan tanaman semak, yang masih satu keluarga dengan keluarga zaitun.

Seperti yang sudah banyak kita tahu, bahwa tanaman melati dibudidayakan karena aroma wanginya yang khas, bahkan aroma bunga melati ini sudah digunakan sebagai bahan parfum dan campuran dalam minuman teh. Sedangkan jenis melati yang terkenal di Indonesia adalah melati putih (Jasminum sambac).

Selain diambil bunganya, ternyata tanaman melati juga memiliki manfaat untuk dijadikan obat, hanya saja untuk jenis melati apa yang digunakan untuk obat penyakit apa, itu yang masih harus saya cari lagi.

Tinggalkan Balasan