Menanam Bunga Melati di Halaman Rumah

Untuk tanaman melati sendiri, saya sudah cukup lama memanamnya di rumah, tetapi memang pada dasarnya saya tidak tertarik dengan bunga, jadi tidak begitu menghiraukannya. Pada waktu itu, saat saya berjalan-jalan ke pasar bunga, saya mendapati penjual bibit melati yang tanamannya sudah hampir rusak, kemudian saya bertanya apakah bibit melati ini masih dijual atau tidak, dan dia mengatakan bahwa jika saya masih mau membeli maka dia akan menjual bibit tersebut dengan harga yang lebih murah.

Karena alasan murah tersebut, maka saya menjadi tertarik untuk membelinya, jadi memang bukan karena sengaja ingin membeli. Setelah saya sampai di rumah saya menanam begitu saja melati tersebut di halaman, tanpa memperdulikannya, bahkan menyiramnyapun tidak. Pembiaran ini terjadi cukup lama, mungkin sekitar beberapa tahun.

Setelah bertahun-tahun berlalu, meskipun dengan sangat lambat, tetapi tanaman melati ini tetap dapat bertahan hidup bahkan berbunga. Mungkin perkembangan bunga melati yang lambat ini diakibatkan oleh banyaknya tanaman pisang di halaman rumah, sehingga tanaman melati ini tidak kebagian nutrisi.

Setelah jumlah tanaman pisang di kebun semakin menyusut, hampir semua jenis tanaman langsung bisa tumbuh dengan subur, termasuk juga tanaman melati tersebut. Sulur tanaman melati ini bisa berkembang ke mana-mana, bahkan tubuh induknya bisa berkembang cukup tinggi.

Dari yang awalnya bunga melati ini mekar beberapa buah setiap beberapa minggu sekali, saat ini sepertinya bunga tersebut mekar setiap hari dan selama beberapa waktu sekali, bunganya bisa sangat banyak.

Karena sejak awal saya tidak pernah memiliki keinginan khusus terhadap tanaman melati ini, makanya sampai sekarang saya bingung dengan jumlah bunga yang banyak itu. Kalau dibiarkan saja akan gugur sendiri dan busuk tanpa hasil apa-apa, lalu saya berfikir kenapa bunga yang harum ini tidak saya gunakan saja sebagai pengharum ruangan di dalam rumah, ya lumayan meskipun hanya untuk sehari saja.

Yang saya maksud dalam waktu sehari, yaitu karena setelah satu malam, bunga melati akan segera membusuk dan sudah tidak begitu wangi lagi. Karena itu agar wangi melati ini tetap terjaga, maka setiap pagi saya harus rajin memetik bunga melati yang sedang mekar.

Tinggalkan Balasan