Membuat Perangsang Akar dengan Bahan Alami

Memang benar bahwa sudah tersedia banyak obat dan bahan perangsang akar yang dijual bebas dipasaran. Tetapi seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan dari obat tersebut berasal dari bahan kimia. Lalu untuk anda yang menyukai bahan organik, anda dapat menyimak cara pembuatan zat perangsang akar berikut ini.

Dalam artikel ini bahan utama yang akan digunakan adalah bawang merah. Bawang merah di sini adalah bawang merah yang sama yang kita gunakan sebagai bumbu masakan di dapur. Menurut si pemberi saran, dia mengatakan bahwa sebenarnya bawang merah mengandung auksin dan giberelin yang cukup tinggi, dan zat ini dapat kita gunakan sebagai sumber ZPT alami.

Cara Pembuatan :

Ambil 10 sampai 15 siung bawang merah, kemudian blender hingga halus. Setelah halus tambahkan 1 liter air bersih dan aduk hingga rata, saring larutan bawang merah tersebut, hingga ampasnya terangkat, karena yang akan kita ambil hanya airnya saja.

Memang lebih baik, jika bahan ini setelah dibuat langsung digunakan, karena merupakan bahan alami yang mudah rusak jika disimpan terlalu lama.

Cara penggunaan :

  1. Untuk menyemai benih: Rendam benih dengan menggunakan air hangat suam-suam kuku. Lalu tambahkan 100 cc larutan air bawang yang sudah kita buat tadi. Lamanya benih direndam sekitar 3 – 5 jam. Lalu tiriskan, dan benih siap untuk disemai.
  2. Untuk Penyetekan (Stek Batang): Rendam bagian batang yang distek ke dalam larutan bawang merah tersebut selama 3 – 5 jam. Kemudian tiriskan, dan batang stek siap untuk ditanam.
  3. Untuk Pencangkokan: Oleskan larutan air bawang merah tadi, pada bagian batang yang sudah anda kupas kulitnya, kemudian bungkus sayatan batang tersebut dengan menggunakan media tanah dalam sabut kelapa.
  4. Untuk Pembibitan tanaman: Bibit tanaman yang dipindah biasanya ada akar yang terpotong dan menyebabkan kerusakan. Kemudian untuk merangsang pertubuhan akar yang baru, kita dapat menggunakan air bawang merah di atas.

Caranya dengan merendam bibit tanaman yang akan ditanam selama 10 menit di dalam larutan bawang merah, larutan yang digunakan adalah 1 liter air bersih yang dicampur dalam 100 cc larutan bawang merah.

Cara di atas dibagikan oleh salah seorang rekan, dan beberapa teman lain mengatakan bahwa cara yang sudah diajarkan di atas cukup baik dan mudah aplikasikan, dan yang paling penting adalah murah. Mungkin bagi anda yang sudah pernah mencoba cara di atas, atau memodifikasi cara tersebut, kiranya mau berbagi bersama kami di sini, agar pengalaman anda dapat menjadi bahan pembelajaran bagi pembaca yang lain.

Tinggalkan Balasan