Manfaat Air Cucian Beras Bagi Ternak dan Tumbuhan

Sering kali saat mencuci beras, air cuciannya kita buang begitu saja, tetapi beberapa orang peternak yang saya temui mengatakan bahwa air cucian beras masih memiliki kasiat yang bisa dimanfaatkan.

Air cucian beras bisa digunakan sebagai media fermentasi, caranya sayuran sisa dapur bisa kita rendam dulu dengan menggunakan air cucian beras, lalu setelah beberapa saat kita saring semua yang ada dalam air rendaman itu, kemudian campurkan dedak dan ampas tahu bersama-sama dengan sisa dapur yang telah direndam tadi. Selanjutnya tinggal kita berikan saja kepada kambing dan domba peliharaan kita.

Ada peternak yang mengatakan, jika air cucian beras masih memiliki kandungan vitamin, kalau tidak salah dia mengatakan soal vitamin B1 dan B12. Dan menurut dia bahwa kambing yang tengah hamil, memerlukan vitamin jenis itu untuk memperkuat kehamilannya.

Selain baik bagi kambing dan domba yang sedang hamil, air cucian beras ternyata juga baik untuk diberikan pada kambing dan domba yang sedang menyusui. Menurut dia, bahwa air cucian beras dapat menambah kesuburan air susu kambingya, dan pastinya dengan naiknya kesuburan air susu, maka anak kambing yang disusui akan cepat besar, dan jika cepat besar maka kambing akan lebih cepat untuk bisa hamil lagi. Sehingga bisa lebih menguntungkan bagi peternak.

Beberapa orang lain mengatakan, bahwa sebaiknya beras yang digunakan haruslah yang digiling sendiri, hal ini karena beras yang kita beli di toko dan di pasar sering kali dijumpai sudah dicampur dengan pemutih dan pewangi, sehingga saat diberikan pada kambing bisa berdampak buruk.

 

Selain baik untuk hewan ternak, air cucian beras juga baik untuk digunakan menyiram tanaman, karena ada peternak yang mencoba menyiram tanaman anggreknya dengan menggunakan air cucian beras, dan ternyata anggrek tersebut akan lebih cepat mengeluarkan bunga. Untuk jenis tanaman dan sayuran lain juga menunjukkan gejala yang bagus saat diberi air cucian beras.

Tinggalkan Balasan