Membuat Pohon Durian Berbuah dengan Cara Disuntik

Ada sebuah cerita dari seorang kenalan pemilik pohon durian, dia mengatakan bahwa sudah sejak lama pohon duriannya belum berbuah. Kemudian dia mencoba untuk menyuntik pohon durian tersebut, dan setelah itu ternyata pohon duriannya sudah mulai mengeluarkan bunga.

Untuk bahan yang disuntikkan pada batang pokok durian ini adalah pupuk dan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) dengan merk giberellin acid. Dalam satu pohon durian tersebut, dilakukan pengeboran sebanyak 5 lubang. Jika pembaca ingin melakukan pengeboran, sebaiknya jumlahnya disesuaikan dengan ukuran pohonnya.

Hal pertama yang dia lakukan adalah membuat lubang pada pokok tanaman durian, yaitu dengan cara mengebor batang utamanya dengan kemiringan 45º, lalu masukkan campuran pupuk buah dan giberellin tadi. Selanjutnya lubang tinggal ditutup kembali. Dua hari berikutnya, ulangi pemupukan itu lagi.

Jumlah campuran pupuk yang diberikan pada setiap lubang kadang tidak sama, karena pupuk diisikan sampai lubang terisi penuh. Untuk mata bor yang digunakan dalam melubangi batang pohon durian adalah yang 0,5 inch.

Memang setelah bunga durian ini mekar, belum ada jaminan bahwa pohon tersebut bisa mengeluarkan buah, hal ini dikarenakan buah durian yang sudah tumbuh sebesar bola baseball saja masih bisa rontok sampai habis, apalagi jika hanya bunganya saja yang mekar.

Karena itu perawatan setelah bunga durian mekar tetap harus dilakukan, terutama agar bunga tidak rontok dan agar tidak terserang penyakit. Selanjutnya agar bunga durian dapat menjadi buah, maka pemiliknya harus membantu dengan melakukan penyerbukan buatan.

Caranya gunakan kuas yang lembut untuk mengambil serbuk sari lalu tempelkan pada putik. Bunga durian biasanya mekar pada sore hari, lalu akan melakukan penyerbukan pada malam hari, jadi lakukan penyerbukan buatan pada saat itu.

Proses penyuntikan ini sebaiknya dilakukan pada saat pohon durian sedang bertunas atau saat sedang musim mengeluarkan bunga. Karena akan menjadi percuma dan tidak akan ada hasilnya jika proses ini dilakukan di luar waktu pohon bertunas.

Cara penyuntikan ini sebaiknya hanya dilakukan pada pohon yang ukuran batangnya sudah besar saja, karena jika ukuran batangnya masih kecil, maka ditakutkan jika proses penyuntikan ini malah bisa merusak pohon itu sendiri, karena akibatnya pohon bisa menjadi sakit ataupun malah bisa langsung mengering.

Jika pohon durian bunganya rontok, maka bisa saja pohon tersebut kekurangan air saat pohon tersebut berbunga, atau  malah bisa jadi pohon durian tersebut kekurangan Kalium. Jadi, memang banyak faktor yang harus diperhatikan oleh pemilik pohon durian, agar pohonnya cepat mengeluarkan buah.

Tinggalkan Balasan