Cara Membuat Jamur Tricoderma

Menurut petani cabai yang memberikan resep ini, dia mengatakan bahwa jamur Tricoderma merupakan jamur yang jika dikembang biakkan dapat digunakan untuk mencegah agar tanaman cabai tidak mudah terserang penyakit layu.

Bahan yang diperlukan untuk membuat jamur Tricoderma yaitu: yang pertama anda harus menyediakan nasi basi, untuk jumlahnya terserah banyaknya. Lalu anda juga perlu wadah untuk meletakkan nasi tersebut, bisa menggunakan nampan atau wadah lain yang mirip seperti nampan. Sebagai penutup wadah tersebut, anda juga memerlukan kertas penutup.

Yang harus anda lakukan pertama kali, adalah meratakan nasi basi ke dalam nampan yang sudah anda siapkan, untuk ketebalan nasinya usahakan agar bisa sampai setinggi 2cm. Setelah itu tutup nasi dengan menggunakan kertas, sedangkan kertas yang bisa anda gunakan yaitu kertas koran atau kertas karton, langkah selanjutnya tinggal mengikat nampan yang sudah ditutup dengan kertas tersebut secara rapat.

Kubur nampan nasi tersebut di bawah rumpun tanaman bambu, kubur sedalam ±10 cm. Kemudian timbun nampan tersebut dengan ranting, lalu dengan daun bambu kering, setelah itu agar tidak diganggu binatang dan tidak terkena hujan, maka tutup timbunan tersebut dengan menggunakan plastik. Lama penguburuan adalah 5 hari, jadi setelah 5 hari baru bongkar timbunan dan anda akan menemukan nasi tersebut sudah berubah warna.

Tahap selanjutnya nasi yang telah berubah warna tersebut akan dicampur lagi dengan menggunakan gula merah. Untuk perbandingannya, untuk setiap 1 Kg nasi, akan dicampur dengan 3/4 Kg gula merah. Langkah selanjutnya diamkan campuran ini selama 5-7 hari lagi agar jamur dapat berkembang biak.

 

Cara penggunaan jamur Tricoderma sebelum masa tanam yaitu: untuk setiap 1Kg jamur Tricoderma perlu ditambah 1 liter EM4, lalu ditambah lagi dengan air sumur sebanyak 100 liter. Lalu masukkan air jamur tersebut pada setiap lubang tanam sebanyak 50-100 ml, atau tergantung dari kesuburan tanah.

Tinggalkan Balasan