Tanaman Cabai Mati Saat Sudah Mulai Mengeluarkan Buah

Kejadian ini dialami oleh salah seorang teman petani cabe merah besar, jadi pada saat tanaman cabenya sudah mulai tumbuh besar dan sudah mulai mengeluarkan buah, ternyata hampir semua tanaman cabe tersebut malah mengalami kematian. Tanaman cabe tersebut mengalami busuk pada bagian akar dan batangnya, akibatnya dia mengalami kerugian akibat kejadian ini.

Sebenarnya kondisi seperti ini sering sekali terjadi pada tanaman cabe, terutama jika sudah mulai memasuki musim penghujan, dimana tingkat kelembaban sangat tinggi sehingga menyebabkan serangan jamur meningkat.

Ada juga petani lain mengingatkan, bahwa hal seperti ini bisa terjadi karena tanaman cabe tersebut terlalu banyak diberi pupuk. Jadi, dia diminta untuk melihat apakah pemberian pupuknya sudah sesuai dengan petunjuk pemakaian atau tidak.

Tetapi memang biasanya serangan busuk akar dan batang seperti ini disebabkan oleh serangan jamur. Biasanya jamur Fusarium adalah jenis jamur yang sering mengakibatkan kondisi seperti ini. Untuk solusinya, dia menyarankan agar tanaman cabe segera diberi spora trichoderma dan glio cladium, obat lain yang bisa diberikan untuk mengatasi kondisi ini yaitu bactocin.

Mungkin ada saran yang agak berbeda dari yang lain, yaitu meskipun lahan terlihat basah dan sering diguyur hujan, tetapi jika kondisi lahan tidak dicangkul terlebih dahulu sebelum tanam maka hal ini akan membuat tanaman menjadi sulit berkembang, dan menjadi busuk seperti cerita di atas.

Selain itu dia menambahkan apakah dulu waktu pemberian pupuk dasar, apakah menggunakan pupuk kandang dari kotoran ayam, hal ini karena pupuk kandang dari kotoran ayam yang belum difermentasi kondisinya masih sangat panas, dan dapat berakibat buruk pada tanaman, yaitu dapat menyebabkan busuk seperti cerita di atas.

Jadi, memang kondisi layu tanaman cabe yang dialami tersebut, bisa jadi karena salah satu sebab, atau bisa juga terjadi karena gabungan dari beberapa kondisi.

Tinggalkan Balasan