Proses Pemindahan Pakcoy pada Polybag atau Pot Tanam

Setelah kita selesai melakukan proses penyemaian, seperti yang tertulis pada artikel sebelumnya. Maka, saat ini akan dijelaskan cara pemindahan bibit pakcoy pada wadah tanam yang lebih besar dari sebelumnya. Setelah proses pemindahan berhasil dilakukan, maka langkah berikutnya kita tinggal melakukan perawatan rutin sampai panen.

Untuk pot atau polybag yang digunakan sebagai wadah tanam, maka sebaiknya gunakan yang berukuran diameter minimal 15 cm, jika bisa menggunakan yang ukurannya lebih besar, maka itu akan lebih baik. Kemudian isi polybag tersebut dengan menggunakan media tanam, berupa campuran tanah dan pupuk kandang, untuk perbandingannya sendiri adalah 1 : 1. Untuk campuran lain bisa juga ditambahkan sekam bakar.

Dalam mengisi wadah sebaiknya jangan terlalu penuh, maupun terlalu dangkal. Buat lubang pada bagian tengah media tanam tersebut. Untuk besaran lubangnya, sebaiknya disesuaikan saja dengan besaran gundukan perakaran pakcoy.

Kemudian lakukan pencabutan bibit pakcoy, sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati, agar perakaran yang sudah terbentuk tidak rusak atau patah. Pindahkan bibit pakcoy yang sudah dicabut tersebut pada media tanam yang sudah kita siapkan sebelumnya tersebut.

Setelah pakcoy tertanam, maka tepuk-tepuk polybagnya, ini bertujuan agar pakcoy tetap berada di tengah media tanam. Karena jika tidak, biasanya nanti saat dilakukan proses penyiraman, maka bibit pakcoy akan miring.

 

Perawatan Rutin selama Berada di Polybag

Selama seminggu berikutnya tempatkan pakcoy pada tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jika daun pakcoy sampai terkena sinar matahari langsung, maka daunnya akan menunjukkan gejala seperti terbakar. Jadi, jika rumah anda termasuk tempat yang teduh dan kurang sinar matahari, maka ini adalah jenis sayuran yang cocok untuk anda budidayakan.

Sisanya anda hanya perlu melakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Dalam melakukan penyemprotan tersebut, anda bisa menggunakan sprayer.

Hal lain yang mungkin perlu anda lakukan yaitu memberikan pupuk organik atau pupuk kandang setiap beberapa waktu sekali.

Pemanenan bisa dilakukan setelah pakcoy berumur 35-45 setelah pakcoy dipindahkan ke media tanam. Proses pemanenan ini bisa dilakukan dengan cara mencabutnya sampai ke akarnya, atau bisa juga dengan motong sampai pangkal batangnya saja.

Tinggalkan Balasan