Menanam Melon di Rumah agar Bisa Besar-besar

Sering kali melon yang kita tanam sendiri di rumah, hasilnya kurang memuaskan. Karena ukurannya jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan buah melon yang dijual di pasar. Bahkan ada beberapa orang yang menanam melon di rumah, ternyata tanamannya tersebut tidak bisa berbuah sama sekali, dan kalaupun bisa berbuah ternyata waktu pematangannya bisa sangat lama.

Berikut adalah tips, agar buah melon yang kita tanam sendiri di rumah bisa sebesar buah melon yang dijual di pasar.

Hal pertama yang harus kita perhatikan, yaitu agar tanaman melon kita sebisa mungkin harus merambat ke atas. Kemudian lakukan pemangkasan batang, dan sisakan batang yang berada pada ruas ke 9 sampai ke 13 saja. Karena dari ruas daun ke 9 sampai 13 itulah, yang nantinya akan memunculkan buahnya.

Agar buah melon bisa berbuah, maka anda harus melakukan penyerbukan buatan (polinasi), pada bunga yang memiliki bakal buah, dengan menggunakan bunga jantan. Karena anda juga harus tahu, bahwa tanaman melon memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah.

Ciri dari bunga betina tanaman melon, yaitu bunga ini memiliki bakal buah pada bagian pangkalnya, dan biasanya bunga ini muncul pada ruas pertama pada cabang tanaman melon. Bunga jantan lebih ramping, dan tidak memiliki bakal buah pada pangkal bunganya. Bunga jantan ini biasanya berada pada setiap ruas daun batang utama saja, dan jarang sekali yang tumbuh di cabangnya.

Cara melakukan penyerbukan buatan : Ambil bunga jantan yang sudah mekar, lalu buang semua kelopak bunganya, dan tempelkan bagian tengah bunga jantan tersebut, ke bagian tengah-tengah bunga betinanya. Jangan tempelkan serbuk sari jantan tersebut pada kelopak bungannya, karena pastinya tidak akan terjadi pembuahan. Usahakan agar pemberian serbuk sari ini bisa merata pada semua bagian.

Biasanya hasil dari penyerbukan buatan ini akan terlihat dalam tiga hari, yaitu bakal buah pada bunga betina akan terlihat semakin membesar. Dan dari waktu ke waktu bakal buah ini akan terus membesar.

Langkah selanjutnya, kita harus melakukan pemillihan buah yang baik, lalu mengikat bakal buah tersebut pada batang rambatan. Hal lain yang juga perlu dilakukan adalah pemangkasan pucuk daun baru pada batang tanaman yang sudah memiliki bakal buah, agar tanaman bisa berkonsentrasi dalam pembentukan buah.

Pilih buah yang paling bagus saja, setidaknya dalam satu pohon hanya sisakan satu sampai dua buah saja. Karena tanaman bisa berkonsentrasi pada buah yang tersisa itu saja. Bakal buah melon yang baik, adalah buah yang besar, lonjong dan tidak rusak.

Ingat bahwa buah tersebut harus diikat pada tiang rambatan, dan jangan lupa untuk melakukan pemangkasan ujung daun baru di setiap batangnya. Pemangkasan ini dilakukan pada pucuk daun yang ke 33.

Kemudian, anda tinggal menunggu saja sampai buah matang sempurna. Buah melon bisa matang, setidaknya setelah berumur 2 – 3 bulan setelah tanam. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan