Tahap Penyiapan Bibit Semangka yang akan Ditanam

Kegiatan persemaian tanaman semangka, dapat dilakukan bersamaan dengan proses pengolahan tanah. Yaitu sekitar tiga minggu sebelum pindah tanam. Untuk media persemaiannya sendiri dapat menggunakan polybag dengan ukuran  3 – 5 cm.

Berikut adalah cara menyemai bibit semangka :

  • Untuk media tanam, siapkan campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2 : 1. Sebelum meletakkan benih semangka, sebaiknya media tanam disiram air terlebih dahulu. Masukkan benih semangka pada polybag sedalam 0,5 cm. Kemudian tutup lubang benih tersebut dengan tanah. Jangan lupa untuk membuat lubang pengeluaran air pada bagian bawah polybag.
  • Untuk menghindarkan semaian benih dari sinar matahari langsung, benih semangka dapat ditutup dengan menggunakan sungkup (penutup atas) dari plastik bening. Setiap hari sungkup harus dibuka, setidaknya sampai pukul 10 pagi, lalu sungkup harus ditutup kembali. Hal ini harus dilakukan secara rutin setiap hari, sampai bibit semangka siap dipindahkan ke bedengan.
  • Hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu bibit ini perlu disiram setiap hari. Tetapi proses penyiraman harus dilakukan dengan hati-hati, karena ditakutkan biji semangka bisa keluar dari polybag jika disiram dengan air tekanan tinggi.

 

Setelah bibit semangka siap ditanam, maka langkah selanjutnya memindahkannya ke lahan yang sudah kita siapkan sebelumnya. Berikut adalah proses pemindahannya :

  • Pada saat bibit sudah berumur 8 – 12 hari setelah semai, bibit siap dipindah tanam.
  • Untuk satu bibit digunakan satu lubang tanam. Sebelum dipindah tanam, sebaiknya bedengan disiram air terlebih dahulu. Dan bibit sebaiknya juga sudah direndam racun pestisida terlebih dahulu.
  • Setelah proses penanaman selesai, dan ditemukan bibit tanaman yang mati, maka secepatnya tanaman tersebut harus diganti dan dilakukan penanaman kembali. Tujuannya agar tanaman dapat tumbuh seragam. Untuk proses penaman kembali, maksimal dilakukan 7 hari setelah proses pindah tanam.

Untuk tahap perawatan tanaman semangka ini, akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan