Membuat ‘Cabai tetap Segar’ Tahan sampai Berbulan-bulan

Kita semua tahu, bahwa harga cabai sangat fluktuatif, kadang harganya bisa sangat mahal, sampai ratusan ribu rupiah perkilogramnya. Sedangkan di waktu yang lain, harganya bisa turun sampai beberapa ribu rupiah saja perkilogramnya.

Karena itu, banyak orang di daerah rumah tinggal saya, yang mencoba menimbun cabai saat harganya murah. Cara yang paling umum digunakan, yaitu dengan mengeringkan cabai tersebut di bawah terik sinar matahari. Hanya saja cara ini, kurang efektif untuk menjaga rasa cabai, karena setelah kering rasa cabai tidak senikmat saat masih segar.

Lalu jika anda menyimpan cabai tersebut di freezer, maka cabai akan membeku. Lalu, saat cabai tersebut dicairkan, maka cabai akan menjadi lembek, dan akan segera busuk. Apalagi jika dirumah anda sering terjadi pemadaman bergilir, maka cabai akan sering mencair dan membeku secara bergantian, dan pastinya cabai tidak akan bisa bertahan lama.

Mungkin anda bisa mencoba cara untuk menjaga cabai tetap segar, berikut ini :

  • Siapkan wadah yang tertutup rapat. Lalu alasi wadah tersebut dengan menggunakan kertas tisue, untuk tisue yang digunakan bisa menggunakan tisue wajah ataupun tisue makan.
  • Untuk cabai yang bisa disimpan, harus cabai yang masih memiliki tangkai. Alasannya agar cabai tidak berjamur saat disimpan.
  • Buang cabai yang busuk, dan jika hanya ujung cabainya saja yang busuk, maka potong ujung cabai yang busuk tersebut, dan cabai yang masih bagus sisanya masih dapat disimpan. Alasannya, karena bagian cabai yang busuk tersebut bisa menular ke cabai yang masih segar.
  • Untuk cabai yang akan disimpan, tidak perlu dicuci sebelumnya, nanti pada saat akan menggunakannya saja, baru cabainya dicuci.
  • Dalam satu wadah penyimpanan, bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis cabai sekaligus.
  • Setelah cabai dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang sudah diberi alas tisue, maka pada bagian atas tumpukan cabai tersebut, letakkan dua bawang putih yang sudah dikupas. Perlu diketahui bahwa bawang putih mengandung anti bakteri, yang dapat menghambat pembusukan cabai.
  • Selanjutnya tinggal tutup rapat wadah, dan letakkan wadah pada lemari es bagian bawah saja.

Orang yang memberikan resep ini mengklaim, bahwa cabainya masih bisa bertahan sampai tiga bulan, tetap dalam kondisi segar, dan rasa pedasnya masih terjaga dengan baik.

Tinggalkan Balasan