Cara Menyemai Bibit Padi di Sawah yang Mudah Dicabut

Perlu diketahui oleh para pembaca sekalian, bahwa dalam proses pencabutan bibit padi di sawah, memerlukan waktu yang sangat lama. Selain itu jika ditambah dengan biaya pekerja untuk melakukan pencabutan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa biayanya bisa sangat besar.

Karena itu dengan perkembangan teknologi saat ini, maka para petani berusaha untuk menemukan cara yang lebih praktis, ekonomis, dan efisien. Lalu cara sederhana baru-baru ini, yang digunakan oleh petani, yaitu dengan menggunakan jaring hitam atau waring.

Mungkin jika anda sering melihat sosial media ataupun televisi, maka anda sepertinya sudah tidak asing lagi dengan jaring hitam ini. Karena jaring ini, sama seperti yang digunakan oleh Gubernur Jakarta, untuk menutupi kali Item.

Sebenarnya proses penyemaian bibit padi ini, sama seperti proses penyemaian yang biasa anda lakukan sebelumnya, jadi memang tidak ada perbedaan. Perbedaannya terletak pada saat anda sebelum melakukan proses semai, maka lapisan tanah yang akan anda semai bibit, akan dibentangkan jaring hitam terlebih dahulu, baru setelah itu benih padinya disebar di atas jaring hitam tersebut.

Setelah benih padi selesai ditebar, maka langkah selanjutnya adalah menutup benih padi tersebut, dengan menggunakan lapisan tanah. Hanya saja lapisan tanah ini tidak perlu terlalu tebal. Karena, yang penting benihnya sudah tidak terlihat lagi, jika ketinggian tanahnya satu centimeter saja sudah cukup, maka tidak perlu dibuat lebih tinggi lagi. Yang penting benihnya sudah tidak nampak lagi.

Keunggulan jika sebelum melakukan tebar benih, lapisan tanah dibentangkan jaring hitam, yaitu nanti saat melakukan pencabutan bibit akan menjadi lebih mudah. Yaitu yang biasanya bibit harus dicabut satu-persatu, atau per lima batang. Sekarang, proses pencabutan bibit ini bisa dilakukan dengan cara mengangkat jaring hitamnya saja, maka semua bibit yang sudah tumbuh di atasnya bisa langsung tercabut bersamaan.

Pastinya dengan cara ini, maka proses pencabutan bibit bisa berlangsung dengan lebih cepat, dan biaya yang diperlukan juga menjadi lebih sedikit. Lagi pula, jaring hitam yang digunakan juga cukup kuat, sehingga bisa digunakan lebih dari sekali.

Tinggalkan Balasan