Mengukur Ph Tanah Menggunakan Kunyit

Sebetulnya saat ini alat untuk mengukur Ph, sudah banyak yang dijual secara bebas di pasaran. Alat pengukur Ph tersebut, misalnya saja kertas lakmus ataupun Ph meter. Bahkan, jika kita mencarinya lewat on line, pastinya banyak yang menjual, meskipun dengan harga yang bervariasi.

Namun demikian, tidak ada salahnya jika kita menyimak cara sederhana yang diajarkan oleh seorang kenalan kepada saya, tentang cara mengukur Ph tanah dengan menggunakan kunyit.

Untuk mengukur Ph tanah ini, alat yang perlu kita siapkan hanya kunyit. Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang diapatkan dari akar rimpang, seperti halnya lengkuas, jahe, dan kecur. Hal yang mencolok dari kunyit adalah warna kuning kuningnya yang sangat khas, dan warna ini biasanya sulit hilang. Selain itu, kunyit juga memiliki aroma yang khas, dan mudah untuk dikenali.

Cara mengukur Ph tanah dengan kunyit, yaitu pertama potong kunyit menjadi dua bagian, lalu kubur potongan kunyit tersebut di dalam tanah yang sudah diolah/digemburkan/disiapkan.

Kubur kunyit setidaknya selama 30 – 40 menit di dalam tanah tersebut. Setelah waktu yang ditentukan, angkat kunyit, dan amati permukaan kunyit yang terpotong tersebut. Jika permukaan kunyit tersebut ternyata tidak berubah warna, maka itu artinya Ph tanah di tempat tersebut mendekati normal atau baik untuk ditanami.

Tetapi, jika permukaan kunyit yang terpotong tersebut, berubah warna menjadi biru atau kebiru-biruan, maka itu artinya tanah di tempat itu sedikit asam atau terlalu asam, tergantung dari tingkatan warna biru kunyit tersebut, dan itu artinya tanah tersebut kurang baik untuk ditanami. Semakin pekat warna birunya, maka tanah tersebut semakin asam.

Sedangkan, jika permukaan kunyit yang kita potong tersebut, berubah warna menjadi putih atau keputih-putihan, maka itu artinya tanah tersebut bersifat basa, dan tidak bagus untuk ditanami.

Cara ini saya dapatkan dari salah seorang kenalan petani, tetapi jujur saja saat ini saya belum sempat mencobanya sendiri. Lagi pula jika alat pengukur Ph biasanya sudah tertera angkanya, mungkin dengan menggunakan kunyit kita hanya bisa memperkirakannya saja.

Tinggalkan Balasan