Mengusir Hama Babi Hutan dan Tikus

Boleh dibilang bahwa suatu cara yang berhasil dalam mengusir tikus dan babi hutan di suatu daerah, tetapi di daerah lain cara yang sama bisa saja gagal. Karena itu pada artikel ini saya akan menjelaskan suatu cara yang digunakan oleh seorang teman yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Dia bercerita bahwa cara yang digunakan untuk mengusir hama tikus dan babi hutan di daerah tempat tinggalnya. Yaitu dengan menggunakan tali rafia yang sudah direndam dengan oli bekas.

Jadi, setelah tali rafia tersebut selesai direndam oli bekas, maka tali tersebut tinggal dibentangkan saja di sekitar ladang. Menurut teman itu, bahwa cara ini tidak cuma efektif untuk babi hutan saja, tetapi juga efektif untuk mengusir hama tikus.

Menurut teman saya ini, bahwa cara ini lebih aman dalam penggunaannya jika dibandingkan dengan menggunakan kawat terbuka yang dialiri listrik. Hal ini karena penggunaan kawat terbuka sudah banyak menelan korban nyawa.

Hanya saja dia tidak sempat menjelaskan, mengapa tali rafia yang sudah direndam dalam oli bekas, menjadi sangat efektif untuk mengusir babi dan tikus.

Mungkin cara ini bisa dicoba untuk digunakan di daerah lain, karena jika mendengar cerita dari banyak teman-teman, ternyata tikus dan babi hutan adalah jenis hewan yang bisa belajar dari keadaan dan lingkungannya, sehingga suatu cara yang berhasil biasanya akan mengalami kegagalan pada percobaan berikutnya. Jadi, dengan mencoba cara yang baru seperti ini, bisa menemukan solusi yang terbaik.

Tinggalkan Balasan