Harga Benih Jagung

Salah seorang teman petani jagung, mengatakan bahwa dia baru saja membeli benih jagung untuk digunakan pada lahan pertanian miliknya. Hanya saja, karena saya berpesan agar ditanyakan juga harga benih dari merk yang lain saat dia membeli tersebut, maka saat ini saya bisa membagikan harga benih jagung kepada anda.

Memang tidak bisa semua merk benih jagung, karena hanya benih yang ada saja pada saat itu, yang bisa saya berikan daftar harganya.

Biasanya dalam sekali membeli bibit jagung, teman saya ini lebih suka membeli bibit yang berukuran 5 Kg. Karena lahan miliknya biasanya menghabiskan bibit sebanyak 4 Kg lebih, jadi lebih pas jika membeli bibit yang ada dalam kemasan 5 Kg.

Haga benih jagung :

No Benih Jagung Harga
1Nk sumo / perkasaRp 450.000 / 5 Kg
2Bisi 18Rp 420.000 / 5 Kg
3P 27 / 32Rp 460.000 / 5 Kg
4NK SURp 425.000 / 5 Kg
5NK 22Rp 380.000 / 5 Kg

 

Menurut cerita teman saya, bahwa pembelian benih secara kiloan, maka harga jualnya bisa lebih mahal dari pada yang ukuran 5 Kg.

Selain itu, berdasarkan pengalaman dari teman saya juga, bahwa harga benih jagung memang tidak selalu stabil, karena ketersedian benih, akan ikut mempengaruhi harga jualnya.

Menurut pengalaman teman saya, bahwa jika suatu lahan sudah cocok menggunakan merk benih tertentu, maka biasanya pemilik lahan akan berusaha menggunakan benih yang sama. Akibatnya, pada saat benih yang biasa dia gunakan sedang langka, maka harga jual benih merk tersebut akan langsung naik.

Tinggalkan Balasan