Mencegah Tanaman di dalam Pot Mengalami Pembusukan Akar

Beberapa waktu yang lalu, saya mendengarkan percakapan ibu-ibu di kampung, soal tanaman hias yang ada di kebun salah seorang ibu. Mereka mengagumi cara ibu pemilik rumah, dalam merawat taman hias miliknya. Sehingga tanaman hias tersebut nampak segar dan indah dipandang.

Karena itu ibu-ibu tadi ingin menanyakan, resep apa yang digunakan ibu pemilik rumah, sehingga tanaman hias miliknya dapat sebagus itu.

Menurut beliau, bahwa perawatannya cukup sederhana dan tidak macam-macam, mungkin hanya proses penyiramannya saja yang rutin, ditambah dengan pemberian pupuk setiap seminggu sekali dengan dosis yang kecil dan tidak berlebihan. Tetapi untuk jenis pupuknya bisa berbeda-beda, tergantung dari kondisi yang dialami tanaman hias tersebut.

Lalu salah seorang ibu mengatakan bahwa tanaman hias miliknya setelah beberapa waktu, mengalami pembusukan akar, sehingga tanaman tersebut langsung mati. Dan dia menanyakan kepada ibu pemilik rumah, apakah beliau memiliki solusi untuk mengatasi masalah pembusukan akar seperti itu?

Ibu pemilik rumah tersebut mengatakan, bahwa sebisa mungkin air yang digunakan untuk menyiram tanaman harus habis setelah beberapa saat, jadi tidak ada air yang menggenang di dalam pot. Jika tanaman sering terendam, maka akarnya akan lebih mudah untuk mengalami pembusukan.

Memang ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat bertahan saat direndam air. Tetapi kebanyakan tanaman hias, akan mengalami permasalahan pembusukan akar ketika direndam terlalu lama.

Ibu tadi menyarankan, jika memang tanaman sering terendam air, maka sebaiknya media tanam yang digunakan harus diganti, yaitu dengan menggunakan campuran tanah dan arang sekam atau sekam bakar.

Dengan menggunakan media dari campuran tersebut, maka air tidak akan menggenang di dalam pot, tetapi kelebihan air dapat lansung dibuang melalui lubang yang ada di bagian bahwa pot. Hal ini dapat terjadi karena pori-pori tanah tidak saling melekat, tetapi ada rongga yang dihasilkan oleh arang sekam.

Mungkin cara yang disarankan oleh ibu pemilik rumah yang saya ceritakan di atas, dapat dijadikan referensi untuk anda yang mengalami permasalahan pembusukan akar, pada tanaman hias kesayangannya.

Sebagai tambahan, yaitu ibu pemilik rumah tadi, mengatakan bahwa di tempat kami untuk mendapatkan sekam bakar atau arang sekam, maka kami dapat membelinya di penjual pot atau penjual bunga keliling.

Biasanya satu kantong sekam bakar dijual dengan harga Rp 15.000. Baru setelah itu sekam yang baru dibeli tersebut dapat dicampur dengan tanah, dan siap untuk dijadikan sebagai media tanam.

Tinggalkan Balasan