Pengalaman Membeli Sekam Padi

Pada awalnya saya kurang yakin dengan efek penggunaan arang sekam padi, untuk dijadikan campuran sebagai media tanam. Hal ini karena pada waktu itu, belum terlalu banyak bukti yang dapat menyakinkan saya, bahwa pemberian arang sekam dapat menyuburkan tanaman.

Tetapi setelah saya melihat sendiri, bahwa efek dari penggunaan arang sekam padi ini cukup baik dalam proses pertumbuhan tanaman, maka saya mulai tertarik untuk mencoba menggunakannya.

Sekam padi, di daerah sekitar tempat tinggal saya, juga dikenal dengan nama merang, yaitu kulit padi yang didapatkan dari proses pemisahan, antara gabah dari beras yang ada di dalamnya.

Hanya saja karena harga sekam bakar yang ditawarkan di toko tanaman cukup mahal, yaitu Rp 15.000 / kantong 1 Kg. Saya menjadi sedikit ragu untuk menggunakannya, karena itu saya mencoba untuk mengumpulkan informasi, tentang tempat yang kira-kira menjual sekam padi, yang baru saja dikupas.

Hal ini dikarenakan di daerah tempat tinggal saya, sudah tidak ada lagi tempat penggilingan padi, karena sudah digantikan oleh mobil penggilingan yang berjalan. Dan saat saya mencoba untuk bertanya ke mobil penggilingan tersebut, ternyata mereka hanya menjual dedak halusnya saja, sementara mereka tidak menjual yang masih dalam bentuk sekam.

Yang menjadi acuan berfikir saya, yaitu bahwa di daerah tempat tinggal saya, sawah masih banyak, dan semua wargannya mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok, sehingga harga sekam pasti lebih murah. Yang saya perlukan hanya menemukan orang yang menjual sekam tersebut saja.

Lalu salah seorang saudara saya menyarankan, agar saya bertanya ke kandang ayam potong yang ada di dekat rumah saya. Karena sekam padi biasanya digunakan oleh peternak ayam tersebut, untuk mengalasi lantai kandang. Jadi, kemungkinan besar mereka memiliki stok sekam yang cukup banyak.

Dan benar saja, bahwa di lokasi kandang yang saya datangi tersebut ternyata stok sekam padinya sangat banyak. Karena saya sudah mengenal pemiliknya, maka saya tinggal mengutarakan keinginan saya untuk membeli sekam padi yang dia miliki.

Ternyata dia mengijinkannya, lalu saya bermaksud untuk membeli satu karung sekam. Harga satu karung sekam padi dengan ukuran 50 Kg adalah Rp 7.000. Dan selanjutnya, yang saya perlukan adalah cara untuk membakarnya saja, agar bisa menjadi arang.

2 comments

    • M Nandi Iskandar on 29 Januari 2020 at 2:50 am

    Reply

    Butuh banyak sekam padikah gan..?

      • Remi on 3 Februari 2020 at 5:22 am

      Reply

      untuk saat ini masih tidak, terima kasih telah merespon

Tinggalkan Balasan