Membeli Pupuk Kandang Secara Gratis

Pagi tadi saya bermaksud untuk membeli kotoran kambing, untuk dijadikan sebagai pupuk. Karena itu saya pergi ke tempat orang yang memiliki kambing di sekitar tempat tinggal saya, menurut tetangga sekitar bahwa harga satu karung kotoran kambing di tempat itu, dijual dengan harga Rp 10.000.

Dan karena itu, saya masih menganggapnya jauh lebih murah, dari pada pupuk kandang yang dijual di pasar bunga, yaitu Rp 10.000 perkantong dengan berat 1 Kg. Hal ini selain karena pupuk tersebut jumlahnya sangat sedikit, pupuk tersebut juga sudah dicampur merang dan juga batang pakis.

Tetapi saat saya sudah memasukkan kotoran kambing tersebut, ke dalam karung beras ukuran 25 Kg yang saya bawa, ternyata saat saya menanyakan harga dari kotoran kambing tersebut kepada pemiliknya, dia malah mengatakan bahwa kotoran tersebut diberikannya secara gratis.

Menurut pemilik kambing tersebut, bahwa kotoran yang saya ambil masih tergolong sangat sedikit, dan juga saya masih tergolong tetangganya, sehingga dia nampak seperti tidak tega jika harus meminta uang. Bahkan dia juga mengatakan bahwa jika kotoran tersebut masih kurang, maka saya bisa datang lagi untuk mengambilnya lagi.

Kondisi kotoran kambing yang saya ambil ini sudah kering dan permukaannya cukup keras, dan saat saya coba untuk merendamnya di dalam air, ternyata kotoran itu tidak dapat tenggelam, dan hanya mengambang di permukaan air. Tetapi kotoran kambing ini sudah tidak memiliki bau menyengat khas kotoran kambing lagi, bahkan saat direndam pun bau kotoran kambing ini juga tidak muncul.

Kotoran ini sepertinya masih belum bisa digunakan langsung untuk memupuk tanaman, dan masih harus diproses lagi. Karena yang ditakutkan, bahwa kotoran ini masih panas, dan mengandung gas yang malah bisa menjadi racun bagi tanaman.

Setelah direndam di dalam air selama sehari-semalam, memang bau menyengat khas kotoran memang baru muncul, tetapi tidak sebau kotoran kambing yang masih segar, karena itu saya akan tetap mencoba untuk merendamnya sampai kotoran tersebut hilang baunya.

Tinggalkan Balasan