Harga Alat Pembajak Sawah dan Kebun

Salah seorang teman saya yang bergerak di bidang suplyer alat pertanian, baru saja mengirimkan harga alat pembajak sawah dan ladang. Sebagai orang awam, saya mungkin lebih suka menyebutnya sebagai traktor tangan saja, meskipun sebenarnya alat tersebut sudah memiliki merk dagang, dan juga penyebutan yang lebih keren.

Ada beberapa keunggulan dari mesin yang dijual oleh teman saya ini. Pertama alat yang dia jual tersebut irit bahan bakar, satu liter bahan bakar cukup untuk dua jam pengoprasian. Iritnya mesin juga disebabkan oleh ringannya bobot mesin (± 115 Kg).

Selain itu mesin yang dia jual juga dapat difungsikan untuk pompa air dan alat pemotong rumput. Meskipun demikian teman saya ini, berani menjamin bahwa mesinnya cukup awet dan handal dalam banyak medan pertanian.

Tetapi yang jadi masalah, saya belum pernah mendengar cerita keunggulan mesin ini dari petani yang mengaplikasikannya langsung di tanah mereka, jadi ini masih sebatas klaim dari produsennya saja.

Harga jual mesin pembajak tanah tersebut adalah :

NoKeteranganHarga
1Paket lengkap kebun + sawahRp 19,6 jt
2Paket lengkap sawahRp    17 jt
3Paket lengkap kebunRp    17 jt
4Paket hemat kebunRp 13,7 jt

 

Jika kita membeli paket lengkap kebun + sawah, maka kita akan mendapatkan. 1 set roda karet, 1 set roda besi, 1 set pisau rotary, 1 pisau hexagonal (untuk kondisi tanah liat), 1 buah ridger (alat untuk membuka bedengan), 1 buah garu, 1 buah glebeg, 1 buah singkal.

Tetapi jika kita membeli paket yang dibawahnya, maka ada beberapa komponen yang saya sebutkan di atas yang tidak diikutkan dalam pengiriman. Karena itu harganya bisa lebih murah.

Untuk pengiriman alat akan dilakukan dari Kabupaten Kendal – Jawa Tengah, sehingga ongkos kirim akan disesuaikan dengan lokasi tujuan. Meskipun alat utamanya disuplay dari Kendal, tetapi secara umum, suku cadang dari mesin ini sudah dijual bebas, di toko peralatan pertanian di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan