Efek Hujan di Malam Hari terhadap Hasil Panen Padi

Pada saat ini sudah mulai memasuki puncak musim hujan di daerah kami, jadi tidak heran jika hujan mengguyur daerah kami setiap hari. Bahkan terkadang hujan tersebut, turun selama beberapa hari tanpa henti, kondisi seperti ini sudah dianggap sebagai sesuatu yang wajar terjadi.

Hal yang paling ditakuti oleh petani di daerah kami adalah saat hujan turun di malam hari. Terutama jika hujan ini turun ketika mendekati masa panen padi, atau ketika padi sudah mulai mengeluarkan bulirnya. Hal ini menurut penuturan dari beberapa petani, karena pada saat malam hari tanaman padi membuka saluran pencari makannya.

Sehingga saat terkena hujan, maka padi akan menutup kembali saluran pencari makan tersebut. Akibat yang ditimbulkan hujan yang turun pada malam hari, adalah hasil panen padi yang akan menurun. Bahkan jika tanaman padi mereka mengalami hujan malam sebanyak dua kali saja, maka para petani di daerah kami sudah dapat memastikan bahwa hasil panen mereka akan sangat berkurang.

Karena itu bila ada hujan yang turun di malam hari, maka para petani di daerah kami pasti merasa khawatir, karena takut hasil panen mereka menjadi turun.

Biasanya di daerah kami, saat musim kemarau maka hasil panen padi petani sangat baik, yaitu dari segi kualitasnya maupun dari segi jumlah panennannya. Hal ini bisa terjadi karena di daerah kami sebagian sawah sudah dialiri oleh saluran irigasi, sehingga hasil panen padi petani akan lebih baik pada saat memasuki kemarau.

Karena itu biasanya harga beras cenderung akan turun saat musim kemarau tiba, tetapi saat musim hujan seperti sekarang ini maka harga beras cenderung akan mengalami kenaikan. Bahkan meskipun harganya mahal, tetapi banyak beras yang kualitasnya jelek.

Tinggalkan Balasan