Pengalaman Menghadapi Ulat Bulu

Meskipun ulat adalah hewan yang cukup lemah, tetapi mereka memiliki pertahanan tubuh yang sangat menakutkan. Mereka menggunakan duri yang menutupi sekujur tubuh mereka untuk memperhankan diri, secara kasat mata duri ini lebih nampak seperti bulu halus yang selalu berdiri tegak.

Sedangkan jenis dari ulat bulu sendiri ada sangat banyak, bahkan mungkin jenis ulat yang pernah menyerang saya jumlahnya sudah puluhan, sedangkan masih banyak jenis dari ulat bulu yang belum saya ketahui. Dan masing-masing ulat tersebut memiliki jenis racun dan jenis bulu yang berbeda-beda.

Salah satu jenis ulat yang paling kuat yang pernah saya hadapi adalah ulat pohon kelapa. Meskipun disebut sebagai ulat pohon kelapa, sebenarnya ulat ini tidak hanya hidup dan makan daun kepala saja, karena di rumah saya ulat ini juga memakan daun pisang milik saya.

Yang menarik dari ulat ini, yaitu duri yang mereka miliki tidak terlalu banyak, bahkan mereka adalah jenis ulat paling pendiam yang saya ketahui. Biasanya mereka selalu bersembunyi pada bagian belakan daun, sehingga mereka sangat rentan untuk tersentuh tangan kita.

Akibat yang bisa ditimbulkan oleh ulat daun kelapa, yaitu bagian tubuh yang terkena bulunya akan mengalami sensasi panas terbakar, perih dan nyeri. Bahkan racun ulat ini aktif sangat cepat, yaitu berkisar 5 – 10 menit, biasanya bagian tubuh yang terkena ulat ini akan langsung mengalami pembengkaan. Dan menurut saya ini adalah jenis ulat yang memiliki efek racun yang paling menyakitkan yang pernah saya rasakan.

Karena saya sering berkebun, maka saya sudah sering mengalami serangan ulat bulu. Bahkan jika sedang musim banyak ulat, seperti saat ini, maka hampir setiap minggu saya terkena ulat bulu. Biasanya setelah terkena ulat bulu, saya tidak akan bisa beraktifitas secara normal, karena bagian tubuh saya yang terkena ulat bulu selalu mengalami bengkak selama beberapa hari setelahnya.

Karena itu sekarang saya sudah dapat membedakan beberapa jenis ulat bulu tergantung dari kadar racun dalam bulunya tersebut. Entah efek racunnya lambat atau cepat, atau efeknya racunnya menyakitkan atau tidak.

Tetapi tidak semua jenis ulat bulu memiliki racun yang menyakitkan, karena ada beberapa ulat bulu yang kadar racunnya cukup lemah, misalnya saja ulat pohon apukat, meskipun bulunya sangat panjang dan mengerikan seperti jenis ulat gatal, tetapi saat terkena bulu mereka rasanya tidak terlalu gatal, dan buat saya masih tergolong wajar.

Hanya saja saat ulat apukat muncul, jumlah mereka bisa mencapai ribuan, sehingga jika anda adalah jenis orang yang fobia terhadap ulat bulu, maka hal tersebut sangat mengerikan, meskipun efek gatal yang ditimbulkan tidak terlalu parah, tetapi karena anda sudah takut terlebih dahulu, maka meskipun anda tidak tersentuh ulatnya, anda tetap akan merasakan gatal yang sangat parah.

Tinggalkan Balasan