Harga Pohon Jambu Kristal

Beberapa waktu yang lalu, teman saya yang ada di Kota Pekalongan, Kabupaten Batang Jawa Tengah, ada yang menjual bibit pohon jambu kristas, hasil cangkokkannya sendiri. Jika ada yang belum tahu bahwa, maka jambu kristal adalah salah satu varian dari jenis jambu biji, hal ini dapat dilihat dari bentuk dan ukurannya yang mirip. Tetapi yang membedakan jambu kristas dengan jambu biji, adalah jumlah biji yang ada di dalam jambu kristal jauh lebih sedikit, ataupun kadang nyaris tidak terdapat biji sama sekali.

Untuk harga yang ditawarkan oleh teman saya ini, yaitu Rp 35 rb / bibit. Kondisi bibit tersebut adalah merupakan hasil dari pencakokan, sehingga rasa dan kualitas jambunya bisa dipertanggung jawabkan. Teman saya ini juga menambahkan bahwa rata-rata tanaman jambu kristalnya dapat berbuah sejak umur 6 – 7 bulan, jadi kira-kira kita tidak perlu untuk mengunggu lama untuk dapat menikmati buahnya.

Hanya saja, perkiraan waktu yang diberikan tersebut adalah kondisi jambu kristal pada saat perawatan yang dilakukan oleh teman saya, karena kemungkinan besar jika anda adalah orang yang jarang bersinggungan langsung dengan tanaman buah, maka saya yakin bahwa jambu itu akan berbuah dengan waktu yang sedikit lebih lama. Tetapi sebenarnya meskipun demikian anda tidak perlu khawatir, karena jika perawatan yang anda berikan cukup maksimal, maka pohon tersebut tetap akan berbuah.

Tanaman jambu kristal adalah jenis tanaman yang cocok untuk tanam di dalam pot, ataupun di lahan terbuka. Hanya saja yang membedakan antara kedua tempat penanaman tersebut adalah ukuran tumbuh dari pohonnya, karena jika diletakkan dalam pot maka pertumbuhannya tidak akan menjadi terlalu besar, tetapi jika ditanam di lahan terbuka, maka kemungkinan pohonnya akan dapat tumbuh menjadi lebih besar, ataupun tumbuh menjadi dengan ukuran maksimalnya.

Selain itu kemungkinan jika anda akan memindahkan pohon akan lebih mudah jika sudah berada di dalam pot, dan pastinya juga lebih maksimal dala memberikan pupuk dan air.

Sebagai tambahan juga, bahwa buah yang dihasilkan dari pohon jambu kristal milik teman saya ini, memiliki tekstur buah yang renyah, ukuran buahnya juga besar-besar, dan yang paling penting bahwa rasanya juga manis.

Tinggalkan Balasan