Batang Pisang sebagai Pakan Tambahan untuk Bebek

Saya memang sudah pernah mendengar bahwa batang pisang bisa digunakan untuk pakan tambahan bagi sapi atau kambing. Hanya saja sampai sekarang saya belum pernah melihat hewan tersebut memakan batang pisang, malah yang sering saya lihat memakan batang pisang adalah bebek.

Karena sekarang setiap beberapa waktu sekali ada peternak bebek, yang datang ke rumah untuk mengambil batang pisang yang sudah saya tebang sebelumnya. Biasanya batang pisang yang diambil oleh peternak bebek tersebut adalah batang pisang yang sudah dibiarkan selama beberapa hari sebelumnya, dan untuk batang pisang yang masih baru tidak dia ambil, biasanya ditunggu sampai beberapa hari, sambil menunggu agar batang pisang tersebut menjadi agak lunak.

Memang biasanya batang pisang milik saya, sangat keras jika baru saja ditebang, dan akan berangsur-angsur melunak setelah beberapa hari dibiarkan begitu saja diatas tanah, dan jika dibiarkan terus, maka batang pisang tersebut akan membusuk, dan jika sudah membusuk maka batang pisang tersebut hanya bisa dimakan oleh cacing dan semut.

Sepertinya jika melihat perlilaku dari peternak bebek yang sering datang ke rumah saya untuk mengambil batang pisang tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bebek-bebek milik beliau lebih menyukai batang pisang yang sudah mulai melunak, dari pada yang baru saja ditebang. Lagi pula batang pisang yang sudah mulai melunak tersebut sepertinya mengandung air dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga memudahkan bebek untuk memakannya.

Sebenarnya dengan memberikan batang pisang sebagai pakan bebek, maka ada cukup banyak biaya pakan yang dapat dihemat. Karena setahu saya bahwa peternak bebek yang ada di dekat rumah saya ini, dalam beternak bebeknya tidak menggembalakannya, jadi kebutuhan pakan dari bebeknya tersebut harus disediakan sepenuhnya oleh pemiliknya.

Biasanya untuk batang pisang yang diambil oleh peternak bebek tersebut adalah bagian batang pisang yang agak sedikit ke dalam, karena biasanya saya melihat bahwa bagian kulit dari batang pisang tersebut telah dikupas dan ditinggalkan di kebun saya.

Tinggalkan Balasan