Pengobatan Pisang yang Terkena Penyakit

Untuk tanaman pisang yang ada di daerah rumah saya, sekarang ini banyak sekali yang terkena penyakit. Penyakit ini akan menyerang akar dari tanaman pisang, dan akan menyebabkan buah dari pisang tersebut menjadi kehitam-hitaman. Lalu penyakit ini juga akan membuat semua daun yang ada di menjadi mengering, dan akhirnya pohon pisang tersebut akan mengalami kematian.

Penyakit ini tidak mengenal apakah itu adalah pohon pisang yang sudah besar ataupun yang masih kecil, bahkan apakah itu adalah pohon pisang yang sudah berbuah. Jadi, efek serangannya tidak mengenal usia dan ukuran pohon pisangnya.

Bahkan jika saya membelah batang pohon pisang yang terkena penyakit ini, saya mendapati bahwa pada bagian tengah pohon pisang ini sudah mengalami keropos, dan penuh dengan lubang, jika sudah semakin parah biasanya tengah batang pohon pisang (ares) tersebut semakin rapuh saja jika dipegang.

Untuk mengatasi masalah penyakit pisang ini, saya melakukan konsultasi di sebuah toko pertanian yang ada di dekat rumah saya. Menurut pegawai toko pertanian tersebut, penyakit pohon pisang yang sedang saya alami ini, diakibatkan oleh serangan jamur. Dan jamur ini menyerang bagian akar dari pohon pisang, sehingga tingkat kematian pohon pisang akan menjadi sangat tinggi, jika sudah terkena penyakit ini. Bahkan sudah tidak dapat tertolong lagi.

Pada waktu itu saya diberi saran untuk membeli obat anti jamur, yang biasa digunakan untuk mengobati tanaman cabai. Memang saya menuruti saran dari pegawai toko pertanian tersebut, dan ternyata memang terbukti bahwa ucapannya benar, karena setelah saya menyiramkan obat anti jamur tersebut pada tanaman pisang milik saya, ternyata penyakit tersebut berangsur-ansur menghilang. Dan saya akhirnya dapat menikmati buah pisang yang lebat, dan jumlah pohon pisangnya dapat menjadi sangat banyak.

Tetapi saya melihat bahwa obat ini, hanya dapat menunjukkan hasil jika diberikan pada saat kondisi cuaca sedang cerah / panas terik. Hal ini karena akar dari tanaman pisang dapat segera menyerap obat tersebut. Tetapi jika obat jamur tersebut diberikan pada saat hujan, atau setelah diberikan obat lalu turun hujan, maka dapat dipastikan bahwa efek dari obat tersebut tidak akan terlihat khasiatnya.

Sepertinya obat anti jamur tersebut akan ikut mengalir bersama air hujan, sebelum dapat diserap oleh akar pohon pisang. Karena itu maka efeknya menjadi hilang sama sekali. Tetapi untuk mencari hari yang cerah / panas terik seperti ini akan sangat susah sekali pada hari-hari terakhir ini, karena hujan terjadi setiap hari, bahkan berlangsung selama berjam-jam lamanya.

Karena ironi seperti ini, maka saya sudah pasrah jika melihatĀ  banyak pohon pisang milik saya yang tumbang bergantian saat terkena penyakit ini. Pengobatan pohon pisang milik saya baru bisa dilakukan lagi saat, musim kemarau tiba.

Tinggalkan Balasan