Cara Menjaga Kualitas Suara Burung dan Memaksimalkannya saat Kontes

Artikel ini masih merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya, berikut ini adalah cara lain yang peternak yang saya ceritakan dalam memaksimalkan performa burung love bird miliknya agar dapat terus berkicau saat kontes. Cara yang dia gunakan, yaitu dengan selalu memasukkan burung-burung tersebut secara berpasang-pasangan. Jadi, dalam satu sangkar akan diletakkan burung jantan dan burung betina.

Biasanya burung jantan yang memiliki pasangan di dalam kandang, akan cenderung menjadi burung yang pendiam. Hal ini dikarenakan, kicauan burung adalah alat yang digunakan untuk mencari pasngan, sehingga saat sudah mendapatkan pasangan, maka kebanyakan dari mereka akan menjadi sangat pendiam.

Menurut peternak nara sumber saya, bahwa pemberian burung betina di dalam kandang adalah untuk meredam agresifitas pejantan untuk terus-menerus berkicau. Seperti yang saya ceritakan pada artikel sebelumnya, bahwa burung yang terlalu keras dan terlalu lama berkicau, maka hal ini bisa membuat suara burung menjadi cepat rusak, sehingga agresifitas burung dalam berkicau harus ditekan terus selama proses pemeliharaan. Kemudian kemampuan itu harus dikeluarkan semuanya saat burung ikut kontes, dan proses ini harus dilakukan sampai seterusnya.

 

Kemudian agar burung dapat mengeluarkan kemampuannya saat kontes, kita tinggal memisahkan saja burung betina dari dalam sangkar. Maka secara otomatis, burung jantannya akan terus mencari burung betinanya, sehingga dia akan terus-menerus berkicau dengan keras dan dalam waktu yang lama.

Biasanya proses pemisahan ini dilakukan beberapa saat sebelum sangkar dinaikkan, peternak ini mengatakan bahwa sering kali dia melakukan pemisahan pada saat burung pada kontes sebelumnya mulai diturunkan. Jadi jeda waktunya tidak lama. Lalu setelah masa penjurian selesai maka burung betina dapat dimasukkan kembali ke dalam kandang.

Karena jika tidak ada burung betinanya, maka burung love bird jantan yang sudah berpasangan akan berkicau terus sepanjang hari, hal ini pastinya tidak akan baik, dan malah akan merusak suara burung itu sendiri saat kontes.

Pastinya burung love bird yang terus-menerus berkicau sepanjang kontes, akan membuat peluang burung tersebut memenangkan kontes menjadi semakin besar.

Tinggalkan Balasan