Cara Mengatasi Mentok/Entog yang Susah Bertelur

Seorang teman yang baru saja memulai usaha beternak entog atau mentok di rumahnya, dia mengeluhkan bahwa mentok miliknya sulit untuk bisa bertelur. Dia bingung, apakah hal ini disebabkan faktor entok jantannya yang kurang subur atau memang karena faktor mentok betinanya yang tidak produktif.

 

Sebenarnya jika mengacu pada pendapat peternak mentok yang lebih berpengalaman, dia berpendapat bahwa salah kaprah saat ada orang yang mengatakan “unggas hanya dapat bertelur jika sudah dikawini oleh pejantan“.

Karena pada kenyataannya mentok dapat bertelur, disebabkan oleh pemberian pakan yang bergizi dan berkualitas, karena kualitas pakan tersebut nantinya yang akan mempercepat kematangan organ yang bertugas mencetak telur. Sedangkan fungsi dari pejantan, yaitu untuk membuahi telur yang telah dihasilkan tersebut.

Jadi, boleh dibilang ada atau tidak ada pejantan, mentok tetap dapat bertelur. Hanya saja jika tidak ada pejantannya, maka semua telur yang dihasilkan adalah invertil atau telur tersebut tidak dapat menetas.

Untuk pakan berkualitas yang dimaksud, dia menggunakan campuran yaitu: konsentrat, tepung jagung, bekatul, pakan hijauan, dan egg stimulan. Dia mengatakan bahwa semakin baik kualitas pakan yang diberikan, maka semakin baik juga kualitas telur yang dihasilkan. Memang dari segi harga pakan cukup mahal, tetapi menurut dia nantinya hasil yang diperoleh akan sepadan, dengan modal yang telah dikeluarkan.

Dia juga bercerita jika indukan mentok miliknya dalam sekali bertelur rata-rata menghasilkan lebih dari 20 butir. Lalu setelah itu, induk mentok tersebut akan berhenti bertelur sekitar 7-10 hari, kemudian akan bertelur kembali seperti tadi. Memang untuk menetaskan telurnya dia menggunakan mesin penetas telur otomatis, sehingga indukan mentoknya dapat fokus untuk bertelur terus.

 

Saran lain, sebaiknya jika membeli indukan mentok, harus dipilih yang memang benar-benar siap bertelur. Hal ini dapat dilihat dari bentuk pantatnya, yaitu masih datar atau sudah menggelembung.

Hal lain lagi yang perlu diperhatikan dalam membeli babon, yaitu jangan membelinya dari pasar, karena biasanya di pasar bulu sayap mentok sudah dicabuti terlebih dahulu, dan ini akan menghambat mentok untuk bisa menghasilkan telur. Maklum saja, karena bulu sayap mentok merupakan bahan baku untuk membuat suttle cock, dan harga jualnya juga lumayan.

Tinggalkan Balasan